PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA PALAPA BINJAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Swasta Palapa Binjai T.P 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Palapa Binjai. Pemilihan sampel dilakukan dengan pengambilan dari dua kelas yang terdiri dari 60 siswa . Intrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematika . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Adapun hal tersebut diperoleh berdasarkan nilai rhitung = 0,96. Dengan merujuk kepada tabel interpretasi maka koefisien korelasi tersebut berada pada level sangat kuat. Rata – rata kemampuan komunikasi matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD lebih baik dari kemmapuan komunikasi matematika yang diajarjan dengan model pembelajaran konvensional . Rata-rata posttest kelas eksperimen 75 sementara rata – rata posttest kelas control 65,42, dilihat dari thitung = 5,915 > ttabel = 4,20 dengan taraf significan 0,05 dan dk = 60. Disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD mempunyai pengaruh yang significan terhadap kemampuan komuniakas matematika siswa.
Kata kunci : Model pembelajaran STAD , kemampuan komunikasi matematika
Full Text:
PDFReferences
Dwi Rachmayani. 2011. Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa, Universitas Muhamadyah Jakarta.
Eka Prihatin. 2006. Konsep Pendidikan, Bandung: PT Karsa Mandiri.
Muhammad Ali. dan Muhammad Ibrahim. 2009. Besrta Teman-teman, Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan, Cetakan Ke 3 Jilid IV Bandung : PT Imperial Bhakti Utama.
Muhammad Darkasyi, 2004 “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Siswa Dengan Pembelajaran Pendekatan Quqntum Learning Padasiswa SMP Negeri 5 Loukseumawe” jurnal komunikasi matematis, Banda Aceh, Universitas Syiah Kuala, vol. 2. hal. 243
Refbacks
- There are currently no refbacks.