PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP POSITIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CTL DI SD NEGERI 010246 BANJAR

Oktaviana Nirmala Purba, Syahriani Sirait

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah peningkatankemampuan pemahaman konsep siswa menggunakan pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih baik daripada kemampuan pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Ekspositori.(2) apakah sikap siswa terhadap matematika yang pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL lebih baik daripada sikap siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Ekspositori.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian inisiswa kelas IV SD Negero 010246 Banjar. Adapun  tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Analisis statistik data dilakukan dengan analisis uji-t dan Mann Withney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1)terdapat peningkatan kemampuan pemahaman siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada siswa yang menggunakan pendekatan ekapositori.(2) Terdapat perbedaan sikap siswa terhadap matematika yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dengan sikap siswa terhadap matematika yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan ekspositori. Perbedaan rata-rata sikap siswa terhadap matematika kelas eksperimen sebesar 59,56sedangkan kelas kontrol sebesar 51,18.

 

Kata kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, Pendekatan Kontekstual, Pendekaan Ekspositori

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S.1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

------------------------. 1997, Prosedur Penelitian statu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.

Ansari, B.I. 2009. Komunikasi Matematika Konsep dan Aplikasi, Yayasan PeNA, Banda Aceh.

Ruseffendi.1991. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA, Tarsito, Bandung.

Hasratuddin. 2010. Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kritis dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realisti. Disertasi Tidak Dipublikasikan: Bandung: Program Pascasarjana UPI Bandung.

Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika, P2LPTK, Jakarta.

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, Rosda, Bandung.

Haryati, M. 2010. Model & Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan, GP Press, Jakarta.

Hadi, S. 2005. Pendidikan Matematika Realistikdan Implementasinya.Banjarmasin : Tulip

John, W. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran, Erlangga, Jakarta.

Johnson, E. 2010. CTL (Contextual Teaching & Learning) Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Kaifa Learning, Bandung.

Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontekstual (Contekstual Teaching and Learning (CTL)), Universitas Negeri Malang, Malang.

Nasution, S. 1990. Didaktik Azas-Azas Mengajar, Jemmars, Bandung.

Rahmad, M. 2004. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Topik Layang-layang dan Trapesium dengan Pendekatan Matematika Realistik di Kelas II MTs Negeri Martapura”, Tesis, Program Studi Pendidikan Matemátika Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Tidak Diterbitkan.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Riduwan. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Alfabeta, Bandung.

Santoso, S. 2010. Mastering SPSS 18, Gramedia, Jakarta.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan, Kanisius, Yogyakarta.

Supatmono, C. 2009. Matemátika Asyik, Graznido, Jakarta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Sudjana, N. 1996. Metoda Statistika, Tarsito, Bandung.

Sagala, S. 2009. Konsep Dan Makna Pembelajaran, Alfabeto, Bandung.

Suryabrata, S. 2005. Pengembangan Alat Ukur Psikologis, Andi, Yogyakarta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana, Jakarta

..................... 2011. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Kencana, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.