ANALISIS KURIKULUM DALAM MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM BERBASIS KEBHINNEKAAN (PSI-BK) SEBAGAI DAYA TANGKAL RADIKALISME DI PERGURUAN TNGGI

Heri Effendi, Siti Aisyah, Muspardi Muspardi, Muhammad Sahnan, H. Muslim H. Muslim

Abstract


Kurikulum merupakan inti dari proses pendidikan. Kurikulum merupakan bidang yang paling langsung berpengaruh terhadap hasil pendidikan. Keberhasilan transformasi ini sangat ditentukam oleh beberapa aspek diantaranya,  perumusan capaian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, materi, sumber dan media, sampai dengan penilaian proses dan hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan  untuk memberikan gambaran tentang konsep Pembelajaran Sejarah Islam Berbasis Kebhinnekaan (PSI-BK) sebagai daya tangkal radikalisme di Perguruan Tinggi.. Subjek dan lokasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah di Institut pendidikan Tapanuli Selatan dan mahasiswa Prodi PPKn dan PGSD Universitas Bung Hatta Padang. Sesuai target penelitian  pada tahun pertama (tahun 2019), dari hasil analisis kurikulum dalam pembelajaran sejarah Islam, maka diperoleh karakteristik model pembelajaran sejarah Islam berbasis kebhinnekaan sebagai daya tangkal radikalisme di perguruan tinggi sebagai berikut: (1) materi integratif, (2) metode interaktif (3) media inovatif dan (4) evaluasi komprehensif.

Kata Kunci: Kurikulum,  Model PSI-BK, Radikalisme, Perguruan Tinggi


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2007). Kurikulum Pendidikan di Indonesia Sepanjang Sejarah Suatu Tinjaun Kritis Filosofis. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No 066 Tahun ke-13 mei 2007.

Aisyah, S dan Effendi, H. (2017). Revitalisasi Fungsi Tradisi Marpege-Pege Masyarakat Benteng Huraba Tapanuli Selatan Pada Era Globalisasi. Prosding Seminar Nasinaonal Ilmu Administrasi Negara FIS UNP.

Arifin, Zainal. 2011. Konsep & Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Awaru, A.O.T. 2016. Membangun Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural di Sekolah, dalam Seminar Nasional “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global”, Kerjasama: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makasar dan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia, Grand Clarion Hotel, Makasar, 29 Oktober 2016.

Effendi, Heri. Adiak, Mhd N. Aisyah, S. (2018). Kontekstualisasi Fungsi Bagas Godang dan Sopo Godang Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal. DIAKRONIKA Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan. Vol. 18 No. 2 Th. 2018.http://diakronika.ppj.unp.ac.id/index.php/diakronika/article/view/66/42.

Hasan,Said, H. (2019). Pendidikan Sejarah Untuk Kehidupan Abad ke 21. HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, Vol. II, No. 2 (April 2019). http://ejournal.upi.edu/index.php/historia/article/view/16630

__________. (2012). Pendidikan Sejarah Untuk Memperekuat Pendidikan Karakter. Paramita Vol. 22, No. 1 - Januari 2012: 1-130.https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/paramita/article/view/1875/2014.

__________. (2012). Cara Baik Bung Hatta. Padang UNP Press.

Mumahhmedi. (2016). Perubahan kurikulum di Indonesia Studi Kritis tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam yang ideal. RAUDHAH: Vol. IV, No. 1: Januari – Juni 2016, ISSN: 2338 – 2163. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Ar-Raudhah (STIT.AR) Jl. T.A Hamzah Psr. 4 Cina Gg. Melati.

Deliar Noer, “Yamin dan Hamka. Dua Jalan Menuju Identitas Negara”, dalam Anthony Reid dan David Marr (eds.) Dari Raja Ali Haji hingga Hamka, terjemahan (Jakarta: Grafiti Pers, 1983).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan r&d. edisi ke-24. Alfabeta, Bandung.

Tandam Hulu, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deli Serdang.

Pi’i. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kebhinnekaan dalam Pembelajaran Sejarah di SMA. SEJARAH DAN BUDAYA, Tahun Kesebelas, Nomor 2, Desember 2017 [tersedia]

Zed, Mestika. (2012). Memintal Masalah Pendidikan Karakter. Resensi Buku: Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Jurnal Tingkap Vol 8, No 2 (2012).

_________.(2011). Warisan Hamka dalam Pendidikan Islam Indonesia. Resensi Buku: Warisan Hamka dalam Pendidikan Islam Indonesia. TINGKAP Vol. VII No. 2 Th. 2011

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Undang-undang No 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan.

Peraturan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Permenristekdikti RI Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi.

Wawancara dengan Dosen Pendidikan Sejarah Institut Pendidikan Tapanuli Seltan Januari 2019.

Wawancara dengan Dosen Pendidikan kewarganegaraan dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bung Hatta Padang Februari 2019.

Wawancara dengan mahasiswa Pendidikan Sejarah Institut Pendidikan Tapanuli Seltan Januari 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.