KEMAMPUAN DALAM PERLOMBAAN MENGENAL WARNA DI PAUD PRAMESWARI AEK GER GERSIDODADI KABUPATEN SIMALUNGUN

Eva Margaretha Saragih, Rahma Yunita Ansi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan mengenal warna dari indikator kemampuan menunjuk, menyebut dan mengelompokkan serta menempatkan warna sesuai gambar melalui kegiatan- kegiatan pengenalan warna. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 20 anak usia 4-5 tahun di PAUD PRAMESWARI. Objek penelitian ini yaitu kemampuan mengenal warna. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi menggunakan gambar berupa kegiatan mewarnai dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisi desktiptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal warna anak usia 4-5 tahun masih termasuk dalam dikategorikan kurang baik. Hal tersebut dilihat dari hasil persentase yang menunjukkan bahwa sebesar 40,07 % anak usia 4-5 tahun kemampuan mengenal warna masih termasuk dalam kategori kurang baik. Kategori tersebut diperoleh berdasarkan hasil penelitian dari kegiatan mewarnai gambar terhadap empat kemampuan mengenal warna anak pada  kegiatan-kegiatan pengenalan warna. Ada dua faktor yang mempengaruhi kemampuan kognitif khususnya dalam kemampuan mengenal warna anak TK usia 4-5 tahun PAUD PRAMESWARI pada predikat kategori kurang baik antara lain: 1) proses pemerolehan informasi anak mengenal warna, 2) memotivasi belajar anak untuk mengenal warna

Kata kunci: kemampuan mengenal warna anak TK usia 4-5 tahun


Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Ki Fudyartanta. (2011). Psikologi Umum I & II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanan. Jakarta: Direktoral Jenderal Mana-jemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Mastija & Wiwik Widajati. (2013). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Warna Melalui Permainan Edukatif dengan Styrofoam pada Anak Usia Dini Kelompok A di TK Islam Al Fajar Surabaya. Diakses dari http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/view/941 pada tanggal 6 Maret 2013..

Menteri Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009. Jakarta: Kemendiknas.

Moeslichaton. R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.