IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN VCT DI KELAS V SD NEGERI 003 RAMBAH
Abstract
Pendidikan karakter disekolah merupakan sebuah kebutuhan agar generasi penerus bangsa dapat memiliki jiwa dan pola pikir yang baik, dengan tidak mengesampingkan nilai-nilai dalam bidang akademik. Untuk itu dilakukan upaya dalam meningkatkan kefektifan proses dalam pembelajaran dengan mengembangkan kultur ataupun kebiasaan positif didalam kelas. Berdasarkan observasi secara keseluruhan karakter belum terdapat pada diri siswa hal ini terlihat dari siswa yang bermain ketika belajar, kurang merespon pada saat pembelajaran dan kurang bertanggungjawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran tematik melalui model pembelajaran VCT di Kelas V SD Negeri 003 Rambah Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Penelitian ini focus pada penerapan pendidikan karakter di SD Negeri 003 Rambah dalam kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran tematik menggunakan model VCT di SD Negeri 003 Rambah telah berjalan dengan baik, hanya saja yang perlu dilakukan untuk membangun karakter pada diri siswa yaitu dengan cara dilakukannya pembiasaan agar siswa terbiasa sehingga menjadi suatu pembiasaan bagi siswa untuk memunculkan karakter yang positif agar genarasi penerus bangsa memiliki karakter yang baik.
Kata kunci: Pendidikan karakter, VCT
Full Text:
PDFReferences
Hidayati, A. 2016. Desain Kurikulum Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana
KBBI Online Versi V.
Kemendiknas. 2010. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta
Khan, Y. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Samani, M & Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kulitatif. Bandung: Alfabeta.
UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Refbacks
- There are currently no refbacks.