PEMBERDAYAAN POTENSI MASYARAKAT PESISIR MELALUI PENDIDIKAN KEMARITIMAN BAGI GENERASI MILENIAL BERBASIS ECO-SOCIO ENVIRONMENT (DESA SIMPANG GAMBUS KABUPATEN BATU BARA)
Abstract
Masyarakat pesisir merupakan sekelompok masyarakat yang bertempat tinggal atau berdampingandekat dengan laut, baik aktivitas, dan rutinitas mereka didasarkan pada sumber daya alam yaitu laut.Pemberdayaan masyarakat merupakan kegiatan yang mendorong masyarakat untuk dapat melihat potensi keberagaman bahari, serta daya guna mereka sendiri. Potensi dan daya guna dari kehidupan bahari ini dapat terlihat dari seberapa besar masyarakat memahami makna dan arti pemberdayaan bahari sebagai ruang lingkup aktivitas dan rutinitas masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan penting tri dharma perguruan tinggi. Kegiatan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi kegiatan ini di Kabupaten Batu Bara.Adapun peserta dari kegiatan ini merupakan masyarakat yang tinggal di daerah lokasi kegiatan terdiri dari tokoh masyarakat, mahasiswa, siswa, dan pemerintah setempat. Dari kegiatan ini dapat ditarik beberapa poin penting bahwa dengan pendidikan kemaritiman bagi generasi milenial akan berdampak terhadap keeksistensian dan keberlanjutan kehidupan yang berbasiskan budaya, sosial, pendidikan dan budaya bahari. Sehingga pendidikan kemaritiman ini terus mendorong potensi masyarakat pesisir di Kabupaten Batu Bara untuk berkontribusi dalam pengembangan pendidikan kebaharian, menanamkan nilai-nilai kabaharian yang berkarakter agama, budaya, dan sosial yang terwujud dari prilaku, sikap dan tindakan. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter bahari bagi generasi milenial khususnya bagi masyarakat pesisir.
Kata Kunci:pendidikan, kemaritiman, bahari, karakter
Full Text:
PDFReferences
Agung Purwadi, & Subijanto. (2018). Revitalisasi Pendidikan Vokasi Kemaritiman.
Cefcuty Nainggolan, M., Siregar, I., & Purnomo, B. (2023). Menilik Budaya Maritim dari Masyarakat Pesisir Sekitar Pulau Jawa Tahun 1920. Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi, 2(1), 102–110.
Dwi Lestari, G., Yulianingsih, W., Yusuf, A., Rofik Jalal Rosyanafi, dan, & Negeri Surabaya, U. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Kemaritiman dalam Pembelajaran Anak Usia Dini bagi Guru Kelompok Bermain di Kabupaten Lamongan (Vol. 1, Issue 1).
Kemaritiman Bagi Anak Sekolah Dasar Muhammadiyah, P., Tanjung Saleh Kecamatan Morotai Utara Kabupaten Pulau Morotai Asy, D., Wahab, I., Koroy, K., Nur, R. M., Alwi, D., Sofiati, T., Hi Muhammad, S., & Tjiroso, B. (2023). Pendidikan Kemaritiman Bagi Anak Sekolah Dasar Muhammadiyah 5 Desa Tanjung Saleh Kecamatan Morotai Utara Kabupaten Pulau Morotai. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/jkc
Kemaritiman Tingkat Satuan Pendidikan Yayasan Hang Tuah, J. DI, kunci, K., Karakter, P., Kemaritiman, J., & di Tingkat Satuan Pendidikan Yayasan Hang Tuah, P. (n.d.). Pendidikan Karakter Maritim sebagai Upaya Memperkuat.
Khairunnas, R., & Desfandi, M. (2020). Implementasi Program Kurikulum Kemaritiman di SMK Negeri I Kota Sabang. In Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah (Vol. 5, Issue 2).
Literasi Kelautan Melalui Potensi Sumberdaya Kelautan dan Perikanan bagi Anak Usia Dini di Banten Laksmi Puspitasari dan Ferry Dwi Cahyadi, P., Literasi Kelautan Melalui Potensi Sumberdaya Kelautan dan Perikanan bagi Anak Usia Dini di Banten Laksmi Puspitasari, P., Dwi Cahyadi, F., Biologi Fakultas Sains UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, D., & Pendidikan Kelautan dan Perikanan, D. (2021). conditions of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC-BY-SA) license(https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/). In JSGA: Journal Studi Gender dan Anak (Vol. 8, Issue 2).
Mukhlis, S., Setyadiharja, R., Program, ) *, Pemerintahan, S. I., Raja, S., Tanjungpinang, H., Raja, J., & Km, H. F. (2017). Community Development Dengan Internalisasi Nilai Budaya Maritim Di Provinsi Kepulauan Riau Untuk Memperkuat Provinsi Berbasis Kemaritiman Community Development By Internalized Maritime Cultural Values In The Province Of Kepulauan Riau To Strengthen The Province Based Maritime. 2(1), 37–51. http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php/jip
Nikawanti, G. (2021). Ecoliteracy : Membangun Ketahanan Pangan dari Kekayaan Maritim Indonesia. Jurnal Kemaritiman: Indonesian Journal of Maritime, 2(2), 149–166. https://doi.org/10.17509/ijom.v2i2.37603
Purwantomo, A. H., Rahyono, Hidayat, D. W., & Sukhanna, R. (2021). Kualitas Pelatihan dan Pendidikan Maritim dari Sudut Pandang Taruna dan Perwira Siswa. Dinamika Bahari, 2(2), 143–151. https://doi.org/10.46484/db.v2i2.295
Rahim, M. A., Utsha, A. M., Bhuiyan, I. A., Miah, Md. R., & Hasan, Md. Z. (2018). Academic Performance Improvement Procedure of University Students Applying Total Quality Management: A case of Bangladesh. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 6(2), 63–70. https://doi.org/10.15294/ijcets.v6i2.25328
Sarilah. (2022). Pendidikan Kemaritiman untuk Anak Usia Dini. Community : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 59–63.
Singgih Tri Sulistiyono. (2016). Paradigma Maritim dalam Membangun Indonesia: Belajar dari Sejarah. Lembar Sejarah, 12(2), 81–108.
Siwi Nurhayati, E., Djoko Said, B., Widodo, P., & Juni Risma Saragih, H. (2023). Membangun Paradigma Maritim Melalui Pembelajaran Sejarah Kemaritiman Untuk Mendukung Paradigma Pembangunan Indonesia. Equilibrium : Jurnal Pendidikan. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
Totok Sugiharto. (2018). Membangun Kesadaran Masyarakat Maritim dalam Perspektif Bela Negara.
Virgiawan Ramadhan, F., & Chaerul, A. (2023). Peluang dan Tantangan Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia: Perspektif Politik Internasional. 1(3), 262–272. https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i3.459
Refbacks
- There are currently no refbacks.