MELATIH RASA PERCAYA DIRI SISWA DASAR MELALUI FUN BOOK DALAM PEMBELAJARAN

Anim Anim, Yen Aryni, Julham Dalimunthe, Tari Antika, Putri Andini

Abstract


Program pengabdian yang dilakukan di SD N 010246 Banjar Kec Air Joman memiliki tujuan yang sangat baik, yaitu meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam berkomunikasi dan antusias untuk mengikuti pembelajaran, dan berani untuk maju menyelesaikan soal, terutama melalui media fun book.Oleh karena itu, dengan menggunakan media Fun book diharapkan akan meningkatkan rasa percaya diri siswa dalam pembelajaran matematika. Program pengabdian ini dilaksanakan dalam bentuk tindakan kelas yang melibatkan 16 siswa kelas 2 SD. Tim menerapkan pembelajaran dengan media fun book. Hasil program ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan rasa percaya diri pada siswa terlihat dalam hal unjuk diri dengan berani tampil di depan kelas, menyelesaikan tantangan soal dari media fun book, dan menjawab pertanyaan, selain itu terjadi proses interaksi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran antara pendidik dengan peserta didik dan sesama teman saat kegiatan unjuk diri berlangsung.

 

Kata Kunci: Fun Book, Rasa percaya diri, siswa


Full Text:

PDF

References


Sabrina, R., Fauzi, F., & Yamin, M. Y. M. (2017). Faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika di Kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4).

Hendra, S. (2006).Kiat Membina Anak Agar Senang Berkawan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Nuraini, P & Subiyanto.(2018). Media Pembelajaran Srapbook pada HIMPAUDI Magelang Utara.DINAMISIA-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.Vol 2 (1). 38-41

Timothy, W. (2012).7 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak. Diakses dari http://www.pendidikankarakter.com/wp-content/uploads/7-CaraMeningkatkan-RasaPercaya-Diri-Anak.pdf pada tanggal 27 September 2019

Iskarima, R. (2009). Super Confident Child: Tips Agar Anak Pemberani dan Percaya Diri. Yogyakarta: Impremium.

Indriyani, D., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Inkuiri Berbantuan Media Konkret PadaSiswa Kelas 5 SD Negeri Mangunsari 05 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basicedu, 3(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.74

Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2).https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140

Hadiyati, N., & Wijayanti, A. (2017). Keefektifan Metode Eksperimen Berbantu Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1). https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.513

Purwanti, K. L. (2015). Pembelajaran Perkalian Pecahan Biasa Berbantu Media Benda Konkret: Studi Kasus Perbedaan Gender Terhadap Kemampuan Matematika Siswa Kelas V SDN Sambiroto 3 Semarang. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 5(2). https://doi.org/10.21580/sa.v10i2.1431


Refbacks

  • There are currently no refbacks.