MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS)
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi sebuah permasalahan tentang minat baca siswa UPTD Sekolah Dasar Negeri 014672 Tanjung Alam yang dianggap masih rendah. Itu dapat diidentifikasi melalui hasil rapor pendidikan tahun 2022 dan juga dari hasil observasi tentang pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan literasi sekolah yang diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan literasinya belum berjalan secara maksimal. Sebagai dampaknya kemampuan literasi siswa di sekolaht tersebut juga rendah dikarenakan minat baca siswa yang juga rendah. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan pelaksanaan gerakan literasi, perlu dilakukan kegiatan sosialisasi dan juga penguatan. Melalui kegiatan ini, diharapkan siswa di sekolah itu akan dapat meningkatkan minat bacanya.
Kata kunci: Minat Baca, Kemampuan Literasi, Gerakan Literasi Sekolah
Full Text:
PDFReferences
Adya, A. B. (2003). Dasar Dasar Pelayanan Prima Persiapan Membangun Budaya Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Dewi, C.R., 2010. Peran serta Taman Bacaan Masyarakat sebagai Modal Terwujudnya Surabaya sebagai Kota baca Memasuki Era Globalisasi. Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Nonformal, Jakarta.
Didiharyono & Qur’ani, B. (2019). Increasing Community Knowledge Through the Literacy Movement. TO MAEGA | Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 2 Nomor 1, Diakses dari: www.researchgate.net › publication › 335861065.
Gie,TheLiang(2014),Carabelajaryangefektif,Cet.I;YogyakartaPUBIB.
KementerianPendidikan,Kebudayaan,RisetdanTeknologi.2022.RaporPendidikanPublik.Jakarta.
Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah-Sekolah Dasar. 2016. Direktora Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sujanto,Agus(2013),PsikologiUmum,Cet.VII;Jakarta:AksaraBaru.
Utami, L.D., (2021). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Ranking 62 Dari 70 Negara. Diakses dari https://www.tribunnews.com/nasional/2021/03/22/tingkat-literasi-indonesia-di-dunia-rendah-ranking-62-dari-70-negara?page=2.
Widyanty, W. (2018). Improving Community Literation Through Reading Corner. ICCD (International Conference on Community Development), 1 (1), 378-383. Disakses dari www.researchgate.net › publication › 351869979.
Refbacks
- There are currently no refbacks.