PERLUASAN PASAR PRODUK OLAHAN IKAN PATIN MELALUI PERBAIKAN KEMASAN DAN PROMOSI DARING DI DESA BUNUT SEBERANG KABUPATEN ASAHAN

Abd. Khauf Pase, Hadi Suriono, Azizah Siregar, Ahmad Rifandy Siregar, Dandi Gunawan Sinaga

Abstract


Sumber daya perikanan menjadi sumber daya pangan yang vital bagi masyarakat. Salah satu komoditas perikanan yang memiliki potensi besar adalah ikan patin. Produksi ikan patin pada tahun 2019 sebanyak 384.883 ton sementara pada tahun 2022 produksi ikan patin mengalami penurunan sebesar 380.000 ton dengan mayoritas di antaranya di serap oleh pasar dalam negeri, penurunan produksi ikan patin disebabkan akibat adanya pandemi Covid-19 (BPS). Perbaikan kemasan dan promosi daring menjadi srategi yang efektif untuk meningkatkan daya tarik produk olahan ikan patin. Dengan semakin meningkatnya teknologi informasi di berbagai lapisan masyarakat, promosi daring menjadi pilihan efektif untuk mencapai konsumen potensial. Melalui platform online, informasi produk dapat disebarkan secara lebih cepat dan efisien. Bagaimana perluasan pasar produk olahan ikan patin melalui perbaikan kemasan dan promosi daring. Metode penelitian yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini yaitu Observasi, Sosialisasi, Penjelasan produk olahan ikan patin yang dapat menyebar luas ke pasar, menjelaskan kemasan produk yang baik, unik, dan berkualitas yang dapat di terima di pasar, dan pembuatan alat promosi menggunakan media daring.Sosialisasi yang dilakukan dapat memberikan informasi dan peningkatan kemampuan pemilik usaha untuk memperluas usaha. Penjelasan mengenai perluasan pasar, kemasan produk dan promosi daring dapat dipahami dengan mudah oleh masyarakat pelaku usaha produk olahan ikan patin.

Kata kunci: perluasan pasar, kemasan, dan promosi daring


Full Text:

PDF

References


Apriyanti,M,E. 2018. Pentingnya Kemasan Terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Jurnal sosio e-kons. 10(01):21-22

BPS. 2021. Produksi Perikanan Budidaya Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Kegiatan di Provinsi Sumatera Utara 2019-2021, website, https://sumut.bps.go.id/indicator/56/547/1/produksi-perikanan-budidaya-menurut-kabupaten-kota-dan-jenis-kegiatan-di-provinsi-sumatera-utara.html.

Grahadyarini,BM,L.2023.Pasar Patin Potensial,Tetapi Industrinya Masih Tertinggal,website, https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2023/04/19/pasar-patin-potensial-tetapi-industrinya-masih-tertinggal. Diakses pada 20 April 2023

Ningsih,C,S.Kintoko. dan Puji,H,P.2020.Inovasi Kemasan dan Perluasan Pemasaran Usaha Rempeyek di Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.4(1):14

Sofiya, L,A. dan Rizmi,Y. 2021. Perluasan Pasar Produk Olahan Ikan Patin Melalui Perbaikan Kemasan dan Promosi Daring. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS). 5(01):59-62

Yarlina,V,P. dan Syamsul,H. 2021. Strategi Perluasan Pasar Produk Pangan Lokal UMKM dan Industri Rumah Tangga Melalui Media Sosial dan E-Commerce. Jurnal Masyaakat Mandiri. 5(6): 3466

Zuraya,N. 2013. Indonesia Akan Jadi Penghasil Ikan Patin Terbesar,Website, https://ekonomi.republika.co.id/berita/mmbgeo/indonesia-akan-jadi-penghasil-patin-terbesar. Diakses pada 05 Mei 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.