METODE JARILIPAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Eva Margaretha Saragih, Syahriani Sirait, Kamila Kamila, Putri Andini, Erlina Erlina

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dasar matematika siswa di SDN 010246 Banjar melalui pengabdian masyarakat dengan menerapkan metode JARILIPAN. Metode ini merupakan inovasi pembelajaran matematika yang menggabungkan Jarimatika dan Perkalian Jepang, memberikan pendekatan yang inovatif dan menarik bagi siswa dalam pembelajaran matematika dasar. Pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan melibatkan siswa kelas SDN 010246 Banjar sebagai subjek penelitian. Metode JARILIPAN diterapkan dalam konteks kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan pembelajaran tambahan di luar jam pelajaran reguler. Fokusnya adalah pada materi-materi matematika dasar yang dianggap sulit bagi siswa. Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pemahaman konsep dasar matematika siswa. Melalui metode JARILIPAN, siswa tidak hanya meningkatkan penguasaan konsep matematika, tetapi juga menunjukkan peningkatan minat dan motivasi dalam belajar. Hasil ini menciptakan dasar yang kuat untuk penerapan metode JARILIPAN sebagai pendekatan pembelajaran yang bermanfaat di tingkat sekolah dasar. Pengabdian masyarakat ini memberikan kontribusi positif terhadap pendidikan matematika di SDN 010246 Banjar.

 

Kata Kunci : Pembelajaran interaktif, Metode JARILIPAN

Full Text:

PDF

References


Aini, S., Nuritasari, F., & Tafrilyanto, C. F. (2022). Metode interaktif JARILIPAN untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Tingkat Dasar. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 2(2), 70–80. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v2i2.18750

Alzanatul Umam, M., & Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 303–312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79.

Ihsan, F. (2003). Dasar-dasar Kependidikan: komponen MKDK.

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150–167.

Mashuri, S. (2019). Media pembelajaran matematika. Deepublish.

Ratnayanti, N., Sumadji, & Suwanti, V. (2021). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berdasarkan Taksonomi SOLO. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 95–110. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v11i1.3714

Sari, A. S. L., Pramesti, C., Suryanti, S., & Sidik, R. S. R. (2022). Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Kecerdasan Matematis Logis. Numeracy, 9(2), 78–92. https://doi.org/10.46244/numeracy.v9i2.1901

Ulwiyah, N. (2020). Penerapan Metode Garismatika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Lengkong Mojoanyar Mojokerto. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 1–30.

Yuliani, E. N., Zulfah, Z., & Zulhendri, Z. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Kuok. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.51


Refbacks

  • There are currently no refbacks.