EDUKASI PERAN TEKNOLOGI DALAM KEGIATAN BELAJAR BAGI MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS ASAHAN
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan teknologi mahasiswa dalam konteks pembelajaran. Dengan pendekatan observasi, pelaksanaan, dan evaluasi, kegiatan ini melibatkan peningkatan keterampilan mahasiswa dalam menggunakan alat dan aplikasi teknologi, integrasi teknologi dalam kurikulum, serta keterlibatan dalam kegiatan belajar berbasis proyek. Dosen sebagai fasilitator memberikan dukungan yang dibutuhkan, sementara evaluasi berkelanjutan memastikan penyesuaian dinamis. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman dan penguasaan teknologi mahasiswa, menciptakan lulusan FKIP yang siap menghadapi tantangan di era digital. Keberhasilan inisiatif ini memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran di tingkat perguruan tinggi dan menunjukkan pentingnya integrasi teknologi dalam proses pendidikan.
Kata kunci: edukasi, teknologi, kegiatan belajar, Universitas Asahan
Full Text:
PDFReferences
Almahdali, H., Pane, E. P., Rukmana, A. Y., Nasution, A. K. P., Jannah, L. U., & Razilu, Z. (2023). New Technologies In Teaching And Learning. Get Press Indonesia.
Ariyanto, A. (2021). Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Menyongsong Era Society 5.0. DI TENGAH GELOMBANG, 1.
Ediana, D., Andriani, N., Ilmi, A. R. M., Rinovian, R., & Zulfikhar, R. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Aplikasi Dan Platform Web: Kajian Literatur Terhadap Pengembangan Keterampilan Holistik Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 860–866.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 4(1).
Jenita, J., Saputra, A. M. A., Salwa, S., Wijayanto, G. W., Haryanto, H., & Novandalina, A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Menyusun Artikel Ilmiah Terindeks Sinta. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10292–10299.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gadget dalam kehidupan. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 5(2).
Oktaviana, R. (2022). Edukasi Efektivitas Belajar Anak Desa Banding Agung Di Era Covid 19 Dengan Metode Token Ekonomi. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5467–5472.
Permana, B. A. C., Bahtiar, H., Sutriandi, A. E., Djamaluddin, M., & Suhartini, S. (2021). Pelatihan pemanfaatan teknologi sebagai media pendukung pembelajaran untuk guru di Kecamatan Sembalun. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 230–238. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4210
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198.
Sihombing, S. O. (2023). Transformasi Kepemimpinan Dosen: Menghadapi Tantangan dan Mengoptimalkan Peluang Teknologi dalam Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 1, 11–23.
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.
Yanuarti, E., & Sari, D. P. (2019). Peran Dosen Dalam Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Literasi Pembelajaran Mahasiswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(2), 127–138.
Refbacks
- There are currently no refbacks.