ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA: STUDI LITERATUR

Miterianifa Miterianifa, Arrahma Hanavia, Dhinda Khansa Meffa, Fitri Refelita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran apa yang paling banyak di gunakan dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan berfikir tingkat tinggi pada siswa. Metode yang digunakan dalam literatur review ini adalah metode Preferred Reporting Item for Systematic Review and Meta-Analyses (PRISMA). Dari review yang telah dilakukan didapatkan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) lebih banyak di gunakan oleh guru untuk pembelajaran kimia dalam meningkatkan HOTS siswa, dengan jumlah jurnal yang membahasnya sebanyak 7 jurnal dari 16 jurnal yang telah didapatkan oleh penulis. Berdasarkan hasil review yang telah di analisis,  dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran kimia model pembelajaran yang mendominasidalam meningkatkan HOTS siswa adalah model PBL (Problem Based Learning)dengan jumlah artikel yang membahasnya sebanyak 5 jurnal dari 16 jurnal yang telah didapatkan oleh penulis.

 

Kata kunci: model pembelajaran, HOTS, pembelajaran kimia.


Full Text:

PDF

References


Agung, A., & Udayani, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Soal Hots Pada Materi Kimia Unsur Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xii Mipa 4 Sma Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2021/2022. 23(2), 414–426. https://doi.org/10.5281/zenodo.7191499

Dewi, C., Utami, L., & Octarya, Z. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Laju Reaksi. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 196–204.

Jami, J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kimia Unsur. Journal Evaluation in Education (JEE), 3(2), 49–54. https://doi.org/10.37251/jee.v3i2.224

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Mairoza, Y., & Fitriza, Z. (2021a). Deskripsi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Peserta Didik Menggunakan Model Guided Inquiry Pada Materi Hukum Dasar Kimia. Edukimia, 3(1), 078–083. https://doi.org/10.24036/ekj.v3.i1.a214

Mairoza, Y., & Fitriza, Z. (2021b). Deskripsi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Peserta Didik Menggunakan Model Guided Inquiry Pada Materi Hukum Dasar Kimia [Description of student’ Higher Order Thinking Skills (HOTS) using the guided inquiry model on basic chemical legal material. Edukimia, 3(1), 078–083.

Maspiroh, I., & Sartono, E. K. E. (2022). Model Pembelajaran Radec (Read, Answer, Discuss, Explan, And Create) Untuk Meningkat Kemampuan Berikir Tingkat Tinggi (High Order Thingking Skill) Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metakognisi : Jurnal Kajian Pendidikan, 4(2), 82–92. https://doi.org/10.57121/meta.v4i2.43

Miterianifa, Ashadi, Saputro, S., & Suciati. (2021). A Conceptual Framework for Empowering Students ’ Critical Thinking through Problem Based Learning in Chemistry A Conceptual Framework for Empowering Students ’ Critical Thinking through Problem Based Learning in Chemistry. IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012046

Nurkholik, M., & Yonata, B. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Melatihkan High Order Thinking Skills Peserta Didik Pada Materi Laju Reaksikelas Xi Ipa Man 2 Gresik Implementation of Inquiry Learning Model To Train High Order Thinking Skills Students on the Reaction Rate C. Unesa Journal of Chemical Education, 9(1), 158–164.

Pramudya Baskoro, A., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, D. I., Tri, R., Program, H., Pendidikan Guru, S., Program, Z. C., Nisaa’ Sri, A., Program, L., Fakhriyah, F., Aditia, E., & Program, I. (2023). Systematic Literature Review (Slr): Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. Jip), 1(1), 154–161.

Rahmawati, T., Utami, L., & Refelita, F. (2019). Perbandingan Model Problem Based Learning Dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(1), 21–32. https://doi.org/10.15575/jtk.v4i1.4329

Romi, H., & Ware, K. (2019). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS KELAS X MIA SMA NEGERI MAGEPANDA. SPIN (Jurnal Pendidikan Kimia), 1(1).

Sibarani, B. E., & Sitorus, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Webblog Berbasis HOTS Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 3(2), 176. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i2.22810

Simamora, K. F. (2022). Kemampuan HOTS Siswa Melalui Model PjBL Ditinjau dari Kemampuan Literasi Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 4(1), 55. https://doi.org/10.24114/jipk.v4i1.33588

Suriti, K. M. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM PENGGUNAKAN SOAL HOTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 7 DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. E-Journal.Unmas.

Susriani, E. (2021). UPAYA PENINGKATAN HIGHER ORDER THINKING SKILL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS XI.MIA.3 DI SMAN 2 KERINCI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 204–211.

Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Jurnal Cakrawala Pendas PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC TERHADAP. Jurnal Cakrawa Pendas, 8(1), 47–56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.