TRANSFORMASI PERGURUAN TINGGI MENUJU ECO-SOCIO ENVIRONMENT UNTUK MENCIPTAKAN PENDIDIKAN KEBERLANJUTAN: SEBUAH KAJIAN TEORITIS

Paisal Manurung, Hamidah Sidabalok, Fatimah Fatimah, Dermawan Dermawan, Siti Sundari

Abstract


Perguruan tinggi pada abad 21 ini memerlukan transformasi pengetahuan pada bidang-bidang sosial, budaya, ekologi, pendidikan yang keberlanjutanuntuk kehidupaan manusia secara alamiah, namun terintegrasi dengan kearifan lokal dan teknologi tepat guna. Artikel ini membahas secara teoritis transformasi perguruan tinggi menuju eco-socio environment untuk menciptakan pendidikan berkelanjutan yang berfokus pada krisis lingkungan. Artikel ini menggunakan pendekatan analisis terstruktur berbasis kualitatif. Dalam telaah pengumpulan sumber data, peneliti menggunakan pendekatandesk evaluation, antara lain, 1) pengumpulan sumber data, 2) evaluasi sumber data, 3) melakukan focus group discussion, 4) hasil data. Berdasarkan pada hasil data diperolah artikel nasional dan internasional yang relevan dengan kajian penelitian. Berdasarkan pada hasil kajian secara teoritis ditemukan hasil bahwa transfomasi perguruan tinggi menuju eco-socio environment untuk menciptakan pendidikan berkelanjutandapat dilakukan antara lain, 1) meningkatkan mobilisasi sumber daya manusia dengan kebijkan, 2) menentukan arah dan tujuan perguruan tinggi yang dikelola, 3) menciptakan lingkungan berbasis kearifan lokal, 4) mengembangkan sumber daya lokal sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan masyarakat. Oleh karena itu, transformasi perguruan tinggi perlu dilakukan untuk menjawab tantang secara global, namun tidak mengesampingkan dimensi budaya, sosial, agama, dan pendidikan sebagai karakter bangsa rakyat Indonesia.

 

Kata Kunci: Transformasi, Budaya, Pendidikan, Perguruan Tinggi, Lingkungan


Full Text:

PDF

References


Adi Cakranegara, P. , & Maratur Sidjabat, F. (2021). Green Investment: Incorporate Environment, Social, And Government Factors In Investment Decision. https://ejournal. stiedewantara. ac. id/index. php/001/issue/view/773

Cahyani, F. A. (2020). Upaya Peningkatan Daya Dukung Lingkungan Melalui Penerapan Prinsip Sustainable Development Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. State Law Review, 2(2), 168–179.

Ernantje, H. , Pellokila, M. R. , & Kaho, L. M. R. (2015). Socio-Economic Factor that Influencing Farming Behaviour and Farmer Participation Level on Environmental Management In Baumata Village, Kupang District. 13, 103–117.

Falko, V. , Maykova, V. , & Molchan, E. (2018). Ecology of External and Internal Environment in the Socio-natural System. https://doi. org/10. 2991/cesses-18. 2018. 209

Lindia Mayona Sekolah Arsitektur, E. , & dan Pengembangan Kebijakan Institut Teknologi Bandung Penulis Korespondensi, P. (2021). Konsep Ecological City dalam Kerangka Konsep Ekologi Kota dan Kota Berkelanjutan (Vol. 18, Issue 2).

Mahmudah, N. , Saputera, A. R. A. , & Alkautsar, M. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Fiqih Lingkungan berbasis Socio-Eco-Techno- Preneurship di Institut Agama Islam Negeri Metro. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(2), 240. https://doi. org/10. 32332/tapis. v4i2. 2677

Mkumbachi, R. L. , Komang Astina, I. , & Handoyo, B. (2020). Environmental awareness and pro-environmental behavior: A case of university students in Malang city. http://journal2. um. ac. id/index. php/jpg/

Mutakin, A. (2018). Apa Lingkungan Itu? Geoarea, 1(2), 65–68.

Rusmawan. (2017). Ecoliteracy dalam Konteks Pendidikan IPS. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 4(2), 39–50. http://journal. uinjkt. ac. id/index. php/SOSIO-FITK

Setya Yasida, K. (2020a). Eco-Pedagogy Eco-Pedagogi (Vol. 23, Issue 1).

Siswanto, Karimullah, Prasetyawati, R. , & Nurhayati. (2019). Environmental cultured education and its implication on the student’s competencies in an adiwiyata school. Cakrawala Pendidikan, 38(3), 552–564. https://doi. org/10. 21831/cp. v38i3. 23154

Situmeang, J. (2020). Economic, Social and Environmental Policies as Drivers of Green Jobs.

Suardi. (2014). Problematika Penerapan Prinsip Sustainable Development dalam… Suardi Problematika Penerapan Prinsip Sustainable Development dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Implikasinya Terhadap Pemenuhan HAM.

Suparmoko, M. (2020). Konsep Pembangunan Berkelanjutan dalam Perencanaan Pembangunan Nasional dan Regional. Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 9(1), 39–50.

Suryani, A. , Saifulloh, M. , Muhibbin, Z. , Hanoraga, T. , Nurif, M. , Trisyanti, U. , Rahadiantino, L. , & Rahmawati, D. (2019). ISSN (2354-6026) 65 The 1 st International Conference on Global Development-ICODEV. In IPTEK Journal of Proceedings Series (Issue 6). http://unesco. unesco. org/images/0010/001056/105607e. p

Venkataraman, B. (2009). Education for sustainable development. Environment, 51(2), 8–10. https://doi. org/10. 3200/ENVT. 51. 2. 08-10

Widhiastuti, R. , Susilowati, N. , & Lianingsih, S. (2020). Environmental behavior of accounting education students at the conservation university. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan, 10(2), 257–269. https://doi. org/10. 29244/jpsl. 10. 2. 257-269

Yurniwati, D. R. , Si, M. , & Wirasastri, A. A. (2020). Corporate Social & Environmental Responsibility (CSER) Dan Reaksi Investor (Studi Pada Perusahaan High Profile di Bursa Efek Indonesia).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.