ANALISIS PENGGUNAAN ICE BREAKER GAMER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode ice breaker gamer terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 010246 Banjar yang beralamat Jl.Syech Silau Banjar Kec.Air Joman. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa penggunaan Ice-Breaker Gamer ini dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Karena dengan menerapkan metode Ice-Breaker Gamer ini mampu membuat guru menciptakan kelas yang aktif, menyenangkan, tidak membosankan, mampu melatih kefokusan siswa, serta membuat siswa lebih fresh dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang guru, siswa kelas 4, serta kepala sekolah sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunaan adalah dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan pada penelitiaan ini adalah bahwa penerapan Ice-Breaker Gamer di Sekolah Dasar Negeri 010246 Banjar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Metode Ice Breaker Gamer, Motivasi Belajar Siswa
Full Text:
PDFReferences
Buldani, Dani, dan Nurfajrin Ningsih. 2023. “Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Matematika Materi FPB dan KPK dengan Metode Ice Breaking” 4 (10): 1028–37.
Indriany, Leny, Syamsul Alam, Satriawati, dan Cayati. 2023. “Pengaruh Ice Breaking Berbasis Media Poster Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas III.” Jurnal Elementaria Edukasia 6 (3): 1092–1102. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6478.
Maisyarah, Athika, Nillofa Ende, Ilmiyati Rahmy Jasril, dan Putra Jaya. 2022. “Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika” 8 (2): 193–99.
Nanda, Violyta Putri, Nur Anisa Rahman, Syahrial Syahrial, dan Silvina Noviyanti. 2022. “Implementasi Ice Breaking dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SDN 64/I Teratai.” As-Sabiqun 4 (2): 296–310. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1766.
Sari, Alfina Honestyas Retyka, Muhammad Sulistiono, dan Devi Wahyu Ertanti. 2023. “Analisa Penerapan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah.” JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 5: 169–80.
WIDIANTI, INEU, dan OMAN SURYAMAN. 2020. “Analisis Penerapan Ice Breakig Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sdn I Luragunglandeuh.” Jurnal Lensa Pendas 5 (1): 27–34. https://doi.org/10.33222/jlp.v5i1.1698.
Refbacks
- There are currently no refbacks.