PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS ASAHAN

Khairun Nisa, Ely Syafitri, Suci Wulandari, Pradita Sugesti, Syifa Indria

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) di Universitas Asahan melalui pendekatan kualitatif studi kasus. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa FKIP secara aktif memanfaatkan teknologi, termasuk platform daring, aplikasi khusus, dan proyek kolaboratif berbasis digital. Meskipun demikian, terdapat tantangan seperti kesenjangan akses dan tingkat literasi digital yang beragam di antara mahasiswa. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang strategi pemanfaatan teknologi, hambatan yang dihadapi, dan dampaknya terhadap pengembangan keterampilan mahasiswa. Simpulan penelitian menegaskan bahwa pemanfaatan teknologi telah menjadi bagian integral dari pengalaman pembelajaran di FKIP Universitas Asahan. Implikasi dari temuan ini mendukung upaya terus-menerus dalam mendukung literasi digital mahasiswa, mengatasi kesenjangan akses, dan mengoptimalkan strategi teknologi untuk memastikan relevansi dan adaptabilitas pendidikan tinggi di era digital.

 

Kata Kunci: Teknologi, Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Aksenta, A., Irmawati, I., Ridwan, A., Hayati, N., Sepriano, S., Herlinah, H., Silalah, A. T., Pipin, S. J., Abdurrohim, I., & Boari, Y. (2023). LITERASI DIGITAL: Pengetahuan & Transformasi Terkini Teknologi Digital Era Industri 4.0 dan Sociaty 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Aryani, S. A., Yusup, M., & Asroni, A. (2022). Pengembangan Moderasi Beragama dalam Pembelajaran AIK melalui Strategi Student Centered Learning.(Penelitian Tindakan Kelas di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta).

Charles, C., Yosuky, D., Rachmi, T. S., & Eryc, E. (2023). Analisa Pengaruh Virtual Reality Terhadap Perkembangan Pendidikan Indonesia. Journal Innovation In Education, 1(3), 40–53.

Harahap, N. J. (2019). Mahasiswa dan revolusi industri 4.0. ECOBISMA (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(1), 70–78.

Kadiyono, A. L., Gunawan, G., Budiarto, A., & Andriani, E. (2020). Pelatihan Personal Branding Bagi Persiapan Pengembangan Karir Mahasiswa Tingkat Akhir. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 263–273.

Kisno, K., Fatmawati, N., Rizqiyani, R., Kurniasih, S., & Ratnasari, E. M. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligences (AI) Sebagai Respon Positif Mahasiswa PIAUD Dalam Kreativitas Pembelajaran Dan Transformasi Digital. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 4(1), 44–56.

Lukita, C., Christina, S., Pranata, S., & Supriyadi, A. (2022). Peningkatan kapasitas mahasiswa dalam menghadapi peluang dan tantangan di era transformasi digital society 5.0. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 955–962.

Saharani, D., & Hidayat, R. (2023). Implementasi Competitive Strategy Meningkatkan Mutu dan Adaptasi Lembaga Pendidikan. Nusantara Journal of Multidisciplinary Science, 1(5), 1011–1022.

Samsinar, S. (2021). Mobile Learning Dalam Pembelajaran. Al-Gurfah: Journal of Primary Education, 1(1), 41–57.

Sarjito, A. (2023). Human Resource Management in the AI Era: Challenges and Opportunities. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Manajemen, Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(2), 211–240.

Simarmata, J., Iqbal, M., & Nasution, I. N. (2019). Tren dan Aplikasi: Strategi dan Inovasi Dalam Pembelajaran. Researchgate. Net.

Suhadha, M. K., Firnando, H. G., Sobarie, N., Septiani, R., Daroini, H., Setiawan, V., Zawawi, A. A., Amal, B. K., Rienovita, E., & Fadliansyah, F. (2023). TEKNOLOGI PENDIDIKAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELIGENCE (AI). Balai Literasi Bangsa.

Tanwir, T., Hery, A., Noor, H., & Achmad, D. (2023). Media pembelajaran berbasis digital (Teori & praktek).

Zulfa, P. I., Ni’mah, M., & Amalia, N. F. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi IT dalam Mengatasi Keterbatasan Pendidikan di Era 5.0 pada Sekolah Dasar. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 1–15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.