PERSPEKTIF DOSEN DAN GURU PAMONG PADA PELAKSANAAN PERKULIAHAN PPG DALJAB DI UNIVERSITAS ASAHAN

Ely Syafitri, Khairun Nisa, Anim Anim, Elfira Rahmadani, Shella Irmeliani Dalimunthe, Syahidatul Nadila Lubis, Widayu T. Lumban Batu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif dosen dan guru pamong terkait pelaksanaan perkuliahan PPG Daljab di Universitas Asahan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey. Survey yang digunakan merupakan survey online dimana peneliti mengirimkan angket secara online dan responden mengisi angket tersebut secara online. Responden yang digunakan pada penelitian ini terdiri dan 15 guru pamong dan 15 dosen yang terlibat dalam kegiatan mengajar PPG Dalam Jabatan di Universitas Asahan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa:Perencanaan kurikulum PPG Daljab di Universitas Asahan dinilai sangat sesuai dengan kebutuhan lapangan. Kesediaan sumber daya untuk perkuliahan PPG Daljab di Universitas Asahan dinilai sangat baik. Koordinasi antara guru pamong dan dosen dalam penyelenggaraan perkuliahan PPG Daljab di Universitas Asahan dinilai sangat baik. Kendala yang paling utama dalam mengajar perkuliahan PPG Daljab di Universitas Asahan adalah jaringan internet yang tidak stabil. Berdasarkan kesimpulan tersebut, dapat direkomendasikan beberapa hal untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan perkuliahan PPG Daljab di Universitas Asahan, yaitu: Meningkatkan kualitas jaringan internet di daerah-daerah yang memiliki jaringan internet yang tidak stabil. Menyediakan pelatihan penggunaan teknologi bagi mahasiswa PPG Daljab. Meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan untuk rekaman mengajar. Rekomendasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PPG Daljab dan menghasilkan lulusan PPG Daljab yang kompeten dan profesional.

 

Kata Kunci: PPG Daljab, perspektif dosen, perspektif guru pamong, kendala

Full Text:

PDF

References


Budiutomo, T. (2021). Rekonstruksi Kebijakan Sertifikasi Guru Berbasis Nilai Keadilan Pancasila. Universitas Islam Sultan Agung (Indonesia).

David Wijaya, S. E. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Prenada Media.

Febrilia, I. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan citra merek terhadap kepuasan konsumen pengguna transportasi ojek online grab. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(1), 204–225.

Jati, W., & Yuliansyah, H. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online (online marketing strategy) terhadap minat beli konsumen. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 125.

Kartomo, A. I., & Slameto, S. (2016). Evaluasi Kinerja Guru Bersertifikasi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 219–229.

Maulana, I., Rahma, N. A., Mahfirah, N. F., Alfarizi, W., & Darlis, A. (2023). Meningkatkan Profesional Guru dengan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Journal on Education, 5(2), 2158–2167.

Riowati, R., & Yoenanto, N. H. (2022). Peran guru penggerak pada merdeka belajar untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 1–16.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.