PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP N 1 KISARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbasis LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Kisaran pada tahun pelajaran 2021/2022 terdiri dari 4 kelas dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini 2 kelas yaitu kelas VII-1 dan VII-2 yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Data diolah dengan menggunakan analisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan hasil kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model PBL berbasis LKPD lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, yang ditunjukkan oleh hasil uji t(A)hitung = 6,42 > ttabel = 1,67. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa model PBL berbasis LKPD berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa kelas VII SMP N 1 Kisaran. Temuan penelitian ini memberikan implikasi: (1) bahwa setiap guru diharapkan dapat memilih model pembelajaran secara tepat, salah satunya adalah model pembelajaran PBL pada pembelajaran matematika, (2) guru dalam menggunakan model PBL agar memperhatikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Kata kunci: Model PBL, LKPD, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Full Text:
PDFReferences
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2019). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Hutagalung, Y. M. B. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Tahun …. 7(2), 121–130. http://repository.unp.ac.id/3530/1/1_A_Yenny_Meidiana_54822_5527_201.Pdf
Irmawartini. (2019). Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi. Rake Sarasin, 1–36. https://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/4610/Teknik-Analisis-Data-Penelitian-Kuantitatif.pdf. https://doi.org/10.24127/ja.v4i1.473
Nursam. (2019). Peningkatan Kemampuan Pendidik Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 3(2).
Press, F. U. (2018). Prosiding Seminar Nasional Matematika Pendidikan Matematika. Repository FKIP Unswagati, 1–8. http://fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/repository/article/view/166
Purba, D., & Lubis, R. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 25–31. http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Purwanto. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Saragih. M.E, Silaen, E. N, Astuti, D. (2022). Pengaruh Pembelajaran Dengan Media Komik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kisaran. JPM: Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 332–340. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.608
Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Wulandari, A., Nurcahya, A., & Kadarisma, G. (2018). Hubungan Antara Self Confidence Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 799. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p799-806
Refbacks
- There are currently no refbacks.