PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI PADA INDOMARET TANJUNG TIRAM

Heri Prasuhanda Manurung, Lenidar Lenidar, Titan Dwi Andini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial kualitas pelayanan, promosi dan harga terhadap minat beli. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linear berganda. Sampel ditentukan dengan metode convenience sampling sebanyak 96 responden. Hasil penelitian menjelaskan bahwa uji-F menghasilkan nilai Fhitung (16,625) > Ftabel (2,70), artinya terdapat pengaruh secara simultan kualitas pelayanan, promosi dan harga terhadap minat beli. Hasil uji parsial (uji-t), nilai thitung (2,816) > ttabel (1,985), artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, nilai thitung (5,513) > ttabel (1,985), artinya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli serta nilai -thitung (-2,387) < - ttabel (-1,985), artinya harga pengaruh negatif dan signifikan terhadap minat beli. Hasil koefisien determinasi (uji-R2), nilai adjusted R square adalah 0,330, artinya kualitas pelayanan, promosi dan harga mampu menjelaskan minat beli sebesar 33%, sedangkan 67% selebihnya dijelaskan variabel lainnya yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Promosi, Harga, Minat Beli


Full Text:

PDF

References


Ali, Hasan. 2009. Manajemen Pemasaran:Menciptakan Pasar Kompetitif. Yogyakarta: Media Press.

Alma, Buchori. 2012 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi, Bandung: Alfabeta.

Armstrong, Gary. 2009. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Keduabelas, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.

Ferdinand, Augusty. 2012. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Jasfar, Farida. 2017. Manajemen Barang dan Jasa: Pendekatan Terpadu. Edisi Keempat, Bogor: Ghalia Indonesia.

Karso. 2008. Statistika dan Logaritma. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kotler, Philip. 2011. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Stanton, J. William. 2010. Prinsip Pemasaran. Jilid Pertama, Jakarta: Erlangga.

Sudaryono. 2014. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung:Alfabeta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Ketiga, Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik: Service and Quality Satisfaction. Edisi Ketiga, Yogyakarta: Andi. 2012.

Usman, Husaini. 2009. Pengantar Statistika Penelitian (Metode dan Aplikasi). Edisi Pertama, Jakarta: Bumi Aksara.

Wibisono, Dermawan. 2013. Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jurnal/Skripsi/Tesis

Arrahma Elian Tania, “Pengaruh Lokasi dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen BUMDes Ajong Rejo”, Publik: Jurnal Manajemen SDM, Administrasi dan Pelayanan Publik, 2022, Vol.9, No.1: 75-84.

Berty Windi Tondang, “Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen pada Toko Sepatu Bata MTC Giant Pekanbaru”, JOM FISIP, Juli – Desember 2019, Vol.6, No.2: 1-13.

Hastono dan Triyadi, “Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Handphone Merek Vivo di Wilayah Tangerang Selatan”, Jurnal Ekonomi Efektif, April 2020, Vol.2, No.3: 372-379.

Ikhsan Hidayat dan Okta Karneli, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Toko dan Suasana Toko Terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Konsumen pada SB Houseware, Bukittinggi)”, JOM FISIP, Januari – Juni 2018, Vol.5, No.1: 1-15.

Satrya Mahyudin, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli di KFC Singaraja”, Bisma: Jurnal Manajemen, Oktober 2021, Vol.7, No.2: 236-245.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.