PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO SEPATU BUNUT ANINDYA KISARAN
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk, harga dan citra merek secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Pada Toko Sepatu Bunut Anindya Kisaran.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan pada Toko Sepatu Bunut Anindya Kisaran. Populasi didapat sebanyak 480 pelanggan. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan rumus Slovin sampel didapat berjumlah 83 pelanggan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji-F secara simultan dan uji-t secara parsial dengan taraf signifikan 0,05 dan uji koefisien determinasi Adjusted R Square atau R2.Hasil penelitian analisis regresi linier berganda diperoleh Y = 0,958 + 0,327 X1 + 0,124 X2 + 0,366 X3 + e, variabel harga memiliki nilai paling rendah 0,124. Uji secara simultan (uji-F) menunjukan bahwa Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, harga dan citra merek berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai Fhitung>Ftabel (11,537 > 2,72) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara parsial (uji-t) menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung>ttabel (2,462 > 1,990) dengan nilai signifikan 0,016 > 0,05, harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung<ttabel (1,054 < 1,990) dengan signifikan 0,295 > 0,05 dan citra merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung>ttabel (3,710 > 1,990) dengan signifikan 0,000 < 0,05. Hasil koefisien determinasi Adjusted R Square atau R2 sebesar 0,278 atau 27,8%, sedangkan sisanya sebesar 72,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Untuk peneliti selanjutnya agar menambah variabel-variabel penelitian di luar dari model ini.
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Barry, Render dan Jay Heizer. Prinsip-prinsip Manajemen Operasi.: Operations Management. Salemba Empat, Jakarta, 2001
Byod, Harper W. Jr. Orville C, Jr. Dan Jean-Claude Larreche. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategi Dengan Orientasi Global. Jilid Pertama, Alih Bahasa : Imam Nurmarwan. Penerbit Erlangga, Jakarta, 2000
Freddy, Rangkuti. Measuring Customer Satisfaction. Cetakan Kedua, Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, 2003
. The Power of Brand. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002
Ghozali, Imam. Statistik Non-Parametrik. BadanPenerbitUniversitasDiponegoro, Semarang, 2005
Kismono, Gugup. BisnisPengantar.Penerbit BPFE, Jakarta, 2001
Kotler, Philip & Keller, Lane, Kevin. Manajemen Pemasaran. Ed.12, Jakarta, 2007
Kotler, Philip dan Amstrong.Principles of Marketing, Fifth Edition, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2003
Kotler, Philipdan Keller.ManajemenPemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta, 2008
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. PT. Prehallindo, Jakarta, 2001
Kuncoro, Mudrajad. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Penerbit Erlangga, Jakarta, 2003
Lamb, Charles W, Joseph F. Hair, Carl Mc. Daniel. Pemasaran. Alih Bahasa : David Octarevia. Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2001
Lupiyoadi, Rambat. ManajemenPemasaranJasa:TeoridanPraktik. Penerbit SalembaEmpat, 2009
Oka A. Youti.Pengantar Ilmu Ekonomi. Penerbit Angkasa, Bandung, 2002
Paul, J. Peter dan Jerry C. Olson. Consumer Behavior : Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta, 2000
Peter J. Paul dan Olson Jerry C. Consumer Behavior and Marketing Strategy. 9thed. New York, USA : McGraw Hill, 2010
Setiadi, Nugroho J. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Penerbit Kencana, Jakarta, 2003
Statistika untuk Penelitian, Edisi VI, Penerbit Alfabeta, Bandung, 2014
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta, Bandung, 2008
Supranto, Nandan Limakrisna, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi kedua, Penerbit Mitra Wacana Media, Jakarta, 2011
Supranto. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta, 2001
Tjiptono, Fandy. Brand Management & Strategy. Penerbit Andi, Yogyakarta, 2010
Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa. Penerbit Bayumedia Publishing, Edisi Pertama, Yogyakarta, 2005
Umar, Husein. Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2005
Yazid, Pemasaran Jasa, Konsepdan Implementasi, Edisi Kedua, Penerbit Ekonisia, Yogyakarta, 2001
Refbacks
- There are currently no refbacks.