ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA SERVICE MOBIL PADA BENGKEL DOYOK DI DESA PETATAL KABUPATEN BATU BARA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dimensi kualitas pelayanan jasa berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa service mobil pada bengkel Doyok di Desa Petatal Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan service lebih dari sekali pada bengkel Doyok di Desa Petatal Kecamatan Talawi Kabupaten Batu Bara.Populasi didapat sebanyak 1.915pelanggan dari bulan Januari – desember.Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan rumus Slovin sampel didapat berjumlah 95 orang pelanggan.Hasil penelitian analisis regresi linier berganda diperoleh Y = 4.737+ 0,104+ 0,094+ 0,205+ 0,004- 0,156+ e, variabel jaminan memiliki nilai paling rendah 0,004 atau sebesar 4%. Uji secara simultan (uji-F) menunjukan bahwa Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bukti fisik,keandalan,daya tanggap,jaminan,empati berpengaruh secara simultan terhadap keputusan konsumen dengan nilai Fhitung>Ftabel(5,359 >2,47) dengan nilai signifikan 0,00<0,5%. Secara parsial (uji-t) menunjukan bahwa Ha diterima dapat disimpulkan bahwa bukti fisik berpengaruh secara parsial terhadap keputusan konsumen dengan nilai thitung>ttabel (2,359>1,986) dengan nilai signifikan 0,021<0,5%, keandalan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan konsumen dengan nilai thitung>ttabel (2,018>1,986) dengan nilai signifikan 0,047<0,5%, daya tanggap secara parsial berpengaruh terhadap keputusan konsumen dengan nilai thitung>ttabel (3,207>1,986) dengan signifikan 0,002<0,5. Hasil koefisien determinasi R2 sebesar 0,188 atau 18,8%, sedangkan sisanya sebesar 81,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Kata Kunci:Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, Subagyo. Marketing In Bussiness . Edisi Pertama , Cetakan Pertama, Jakarta. Mitra Wacana Media, 2010.
Fandy, Tjiptono. Service Quality dan Statification. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2005.
Ghozali Imam.Aplikasi Multivariante dengan SPSS , Badan Penerbit UNDIP, Semarang, 2005.
Kotler Philip. Manajemen Pemasaran.Edisi Milenium.Jakarta: Gramedia Pustaka,2000.
Kotler.P. dan G. Amstrong.Dasar-Dasar Pemasaran.Penerbit PT. Indeks Kel. Gramedia. Jakarta. Edisi XI, 2004.
Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat, 2001.
Parasuraman, A Valerie. (Diterjemahkan Oleh Sutanto) Delivering Quality Service. New York: The Free Press, 2001.
Sugiyono, Statistika untuk Penelitian, Edisi VI, Penerbit Alfabeta, Bandung, 2005.
Tjiptono, Pemasaran Jasa.Bayumedia Publising. Malang,2005.
Umar, Husein, Metode Riset Bisnis. Edisi I, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003.
Zeithaml, Bitner, (Diterjemahkan Oleh Sutanto) The Concept Of Customer Statification. The Mc Graw- Hill Companies, Inc. USA, 1990.
Refbacks
- There are currently no refbacks.