ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN ANGGOTA DALAM MENGGUNAKAN JASA KOPERASI SERBA USAHA PEMUDA KISARAN

Dian Ayu Andriani, Hilmiatus Sahla

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra merek terhadap kepuasaan anggota secara simultan dan parsial. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu kuesioner yang diberikan kepada responden dan data sekunder berupa jurnal penelitian terdahulu, buku. Sampel penelitian yaitu berjumlah 85 orang. Metode Analisis yang digunakan adalah Regresi linear berganda dan analisis deskriptif dengan menggunakan software SPSS. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Fhitung  > Ftabel, yaitu 21,694 > 3,11, dengan nilai sig < 0,05, artinya simultan kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh terhadap kepuasan anggota KSU Pemuda kisaran. Dan hasil uji – t menunjukkan bahwa pada variabel kualitas pelayanan nilai thitung  > ttabel, yaitu 4,142  > 1,988, dengan nilai sig < 0,05 dan pada variabel citra merek nilai thitung  > ttabel, yaitu 2,208 > 1,988, dengan nilai sig < 0,05, maka secara parsial kualitas pelayanan dan citra merek berpengaruh terhadap kepuasan anggota KSU Pemuda kisaran dan nilai R² = 0,330 berarti 33 % kualitas pelayanan, citra merek mampu menjelaskan kepuasan anggota Koperasi Serba Usaha (KSU) Pemuda Kisaran sedangkan sisanya 67% di jelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian ini yang belum diteliti.

 

Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Merek, Kepuasan Anggota, Asahan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Alih Bahasa: Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Edisi keduabelas. Jilid 1. Cetakan keempat. Jakarta: PT Indeks.

Sugiono. 2005. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan ke dua. Bandung: Penerbit Alfabet.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Anita Itsna Nur Syarifah dan Sucihatiningsih. 2015. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Anggota Terhadap Penggunaan Jasa Koperasi Simpan (Studi Kasus pada Koperasi Purnakaryawan Listrik Negara-PURLINA Semarang). Economic Education Analysis Journal, Vol.4, No.3, ISSN 2252 – 6544, hal 1-23.

Nailis Syuhada, dkk. 2019. Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA) Cabang Aceh Tamiang.JII: Jurnal Investasi Islam, Vol.IV, No. 2, hal 181-200

Enny Khuswati dan Dessy Triana Relita. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Koperasi Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Bhakti Lestari Kecamatan Sungai Tebelian. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi,Vol.4, No.2 , e-ISSN 2541-0938 hal 91-98

Widiyanti, Ninik dan Y.W Sunindhia. Koperasi dan Perekonomian Indonesia. Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.