EFEKTIVITAS MEDIA PHOTO BERORIENTASI KEHIDUPAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PARAGRAF PERSUASIF (STUDI PADA SISWA KELAS X SMA N 2 KISARAN)
Abstract
ABSTRAK
Belajar mengajar adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan anak didik. Untuk memenuhi salah satu kompetensi guru dalam sistem intruksional yang modern, maka perlu diuraikan masing-masing teknik penyajian secara mendalam dan terinci. Untuk mendalami dan memahami tentang teknik penyajian pelajaran, maka perlu dijelaskan arti dari teknik penyajian itu. Teknik penyajian pelajaran adalah suatu pengetahuan tentang cara-cara mengajar yang dipergunakan oleh guru atau instruktur. Pengertian lain adalah sebagai teknik penyajian yang dikuasai guru untuk mengajar atau menyajikan bahan pelajaran kepada siswa di dalam kelas, agar pelajaran tersebut dapat ditangkap, dipahami dan digunakan oleh siswa dengan baik Dalam kaitannya dengan belajar mengajar, pemakaian istilah strategi dimaksudkan sebagai daya upaya guru dalam menciptakan suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses mengajar. Hal tersebut dapat tergambar pada hasil tes. Hasil nilai rata-rata pada siklus I adalah 71 dengan ketuntasan belajar mencapai 73,30% atau dengan kata lain sebanyak 27 siswa dari 40 siswa dan sisanya 26,70% atau 13 siswa tidak tuntas. Nilai rata-rata siklus II 79 dengan ketuntasan belajar mencapai 92,5% atau sebanyak 37 siswa dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa atau 7,5%. Dengan demikian kegiatan pada siklus II tidak perlu diulang karena melebihi indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu sebanyak 85% siswa memperoleh nilai ≥ 65.sehingga dapat dikatakan, “terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai siswa dalam membuat paragraf persuasif melalui media gambar dengan nilai siswa dalam membuat paragraf persuasif dengan tanpa media.”. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dan hasil perhitungan pada tahap analisis data, dapat dikatakan penggunaan media gambar efektif mempermudah siswa dalam membuat paragraf persuasif.
Key Words: Efektivitas, Media, Photo, Berorientasi
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Abu. Prasetya, Joko Tri. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia, 2005.
Arifin, Zaenal. Tasai, S. Amran. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo, 2004.
Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011.
Asnawir, Basyiruddin Usman. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
. Dekdikbud, KBBI. Jakarta: Balai Pustaka, 1990.
Djamarah, Syaiful Bahri. Zain, Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta 2006.
Hayon, Josep. Membaca dan Menulis Wacana. Jakarta: Storia Grafika, 2003.
Keraf, Gorys. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia, 2001.
Keraf, Gorys. EksposisivKomposisi Lanjutan II. Jakarta: Grasindo, 1995.
Kusnadi, E. Mahsusi, Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah, 2006.
Munadi,Yudhi. Media Pembelajaran. Ciputat: Gaung Persada Press, 2008.
N.K., Roestiyah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.
Rahayu, Minto. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo, 2007.
Sadiman, Arief S. dkk., Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
Sakri, Adjat. Bangun Paragraf Bahasa Indonesia. Bandung: ITB, 1992. Sakri,
Adjat. Paragraf. Bandung: ITB, 1990
Soedjito, Hasan. Mansur. Keterampilan Menulis Paragraf. Bandung: Remaja karya CV Bandung, 1986.
Subagyo, Joko. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010.
Refbacks
- There are currently no refbacks.