EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WHATSAPP GROUP SELAMA PANDEMI COVID-19 BAGI PELAKU PENDIDIK

Eva Margaretha Saragih, Rahma Yunita Ansi

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada latar belakang masalah bahwa selama pandemi Covid-19, dimana pembelajaran dilakukan dengan pembelajaran online yaitu daring dan luring.Dimana selama ini pembelajaran dilakukan dengan konvensional yaitu tatap muka. Tetapi dengan adanaya virus tersebut maka pembelajaran dialihkan ke pembelajaran online untuk memutus  penyebaran virus tersebut. Penggunaan aplikasi selama pembelajaran daring dirasa lebih efektif dan efisien dikarenakan lebih memudahkan penggunanya yang dapat mengakses dimana saja ataupun Whatsapp Aplikasi yang digunakan guru sangat beragam seperti Google Classroom, Zoom, Google Meeting ataupun Whatsapp Group. Penelitian ini menggunakan Whatsapp Group. Melalui whatsapp group tersebut guru dapat mengetahui siswa yang mengikuti kelas pembelajaran berdasarkan penginputan nama dan nomor absen siswa. Selalin itu guru menyampaikan materi, lalu memberikan tes untuk mengetahui kualifikasi kemampuan pemacahan masalah siswa.Hasil dari peneltian iniyaitu 17,65% dengan kategori sangat baik, 29,4% dengan kategori baik, 29,4%% dengan kategori cukup, 17,65% dengan kategori kurang dan 6,9% dengan kategori sangat kurang.

 

Kata Kunci :Whatsapp Group, Bilangan, Kemampuan Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Mawaddah, S, & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di SMP. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.44.

Pransetyapri, S.E, Salim. I & Supriaadi.(2018) Analisis Efektivitas Pembelajaran Sosiologi Pada Siswa Kelas X Di Madrasah Aliyah Al-Anwar Pontianak.1–9.

Rohmawati, A. (2015). EfektivitasPembelajaran. 9(1), 15–32.

Trianti.(2011). Mendessain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group


Refbacks

  • There are currently no refbacks.