MEWUJUDKAN LITERASI DESA INTELLIGENCE PADA GENERASI USIA DINI DI DESA AIR GENTING
Abstract
ABSTRAK
Literasi adalah kemampuan yang sedang digaungkan sebagai fokus utama pendidikan pada semua jenjang seperti SD, SMP, SMA. Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memperbaiki literasi yang ada pada desa tersebut. Mewujudkan literasi desa intelligence pada Generasi Z di Desa Air Genting pada Pengembangan sudut literasi dalam upaya menumbuhkan kecintaan membaca pada warga desa Air Genting merupakan ruang lingkup pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Tim Pengabdian KKNT-MBKM FKIP UNA. Pendekatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) lah yang diterapkan. Observasi, diskusi, pelaksanaan, dan penilaian semua berlangsung pada tahap kegiatan pengabdian. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca merupakan bagian Generasi Z dalam menyikapi permasalahan ini. Dalam rangka membangun masyarakat yang cerdas, mempunyai taraf hidup yang tinggi, dan mempunyai wawasan literasi yang kuat, maka perwujudan literasi Desa Pintar berupaya untuk menggugah dan meningkatkan minat membaca. Berdasarkan kegiatan Mewujudkan Literasi Desa Intelligent Pada Generasi Z. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi anak-anak dengan mengajarkan mereka membaca dan menulis abjad, meningkatkan minat membaca, dan menulis, serta menghidupkan kembali perpustakaan setempat agar mereka bersemangat meningkatkan budaya literasi.Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa maksud dan tujuan penyelenggaraan pojok literasi desa Air Genting.
Kata kunci— Desa Intelligence, Generasi Z, Literasi.
ABSTRACT
Literacy is an ability that is being promoted as the main focus of education at all levels such as elementary, middle and high school. This PKM activity aims to improve literacy in the village. Realizing village intelligence literacy in Generation Z in Air Genting Village in Developing a literacy corner in an effort to foster a love of reading in Air Genting village residents is the scope of community service (PKM) carried out by the FKIP UNA KKNT-MBKM Service Team. The Community Service Approach (PKM) is applied. Observation, discussion, implementation and assessment all take place at the service activity stage. Increasing public awareness of the importance of reading is Generation Z's part in addressing this problem. In order to build a society that is intelligent, has a high standard of living, and has strong literacy insight, the Smart Village literacy revolution is taking place, seeking to arouse and increase interest in reading. Based on the activity Creating Smart Village Literacy in Generation Z. It can be concluded that this activity is beneficial for children by teaching them to read and write the alphabet, increasing their interest in reading and writing, as well as revitalizing the local library so that they are enthusiastic about improving literacy culture. It is said that the aim and purpose of holding a literacy corner in Air Genting village.
Keywords— Smart Village, Generation Z, Literacy.
Full Text:
PDFReferences
Dewi, C. N. K., & Rustiarini, N. W. (2021). Penataan Perpustakaan Desa Untuk Meningkatkan Literasi Membaca. LOSARI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 8–15.
Handayani, N., Izzatusholekha, I., Irawan, B., Setyaningrum, I., & Wardhani, M. A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pojok Literasi Dalam Mewujudkan Desa Cerdas di Mekarjaya, Bogor. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 329. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i2.1671
Lestari, F. D., Ibrahim, M., Ghufron, S., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5087–5099. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1436
Megantara, K., & Abdul Wachid BS. (2021). Pembiasaan Membaca dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(2), 383–390. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i2.1230
Widayanto, M. T. (2020). Optimalisasi Perpustakaan Desa Untuk Meningkatkan Budaya Literasi di Desa Jatiadi, Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pengabdian Barelang, 2(01), 32–39. https://doi.org/10.33884/jpb.v2i01.1640
Br.Manurung, V. Y., Ahmad, N., Hariati, L., & Syofra, A. H. (2022). Penguatan Aktivitas Literasi dan Pengadaan Pojok Baca Di Desa Silo Baru, Kecamatan Silau Laut, Kabupaten Asahan. SOLMA, 425-430.
Fahriah, Prakoso, B., & Pandapotan, D. (2021). "Seng Good" Perpustakaan Desa, Strategi Dan pengembangannya Mewujudkan Masyarakat Yang Literat. Tibandaru: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 1-17.
Indah, L., & Ertinawati. (2023, Maret Senin). https://asahankab.bps.go.id/publikasi.html. Dipetik Oktober Senin, 2023, dari https://asahankab.bps.go.id/publikasi.html: https://asahankab.bps.go.id/publikasi.html
Putri, G. C., & Habibie, R. K. (2023). Praktik Literasi Dalam Mewujudkan Pendidikan Yang Memerdekakan Peserta Didik. National Conference For Ummah, 296-300.
Ramadan, A., Nandini, E. Z., Febriyanti, I. N., & Putra, P. (2023). Membangun Budaya Literasi Melalui Peningkatan Minat Baca Pada Masyarakat Desa Pantai Sederhana . An-Nizam: Jurnal Bakti Bagi Bangsa, 205-211.
ADDIN Mendeley Bibliography CSL_BIBLIOGRAPHY Sulastri, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis-Otak ( Brain- Based Learning ) Terhadap Hasil Belajar Matematika.
Refbacks
- There are currently no refbacks.