PELAKSANAAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SDN 010035 DI DESA SIMPANG EMPAT KECAMATAN SIMPANG EMPAT KABUPATEN ASAHAN

Harry Sambayu, Fitria Fitria, Sella Novita, Rizki Rahma Wanti, Nurhafiza Nurhafiza, Tiara Kandi, Rini Wulandari, Ika Sri Rahmadani, Intan Tamara, Kamilah Kamilah, Trisnawati Trisnawati

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan program gerakan literasi serta kendala yang dihadapi oleh sekolah SDN 010035 di Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat saat menerapkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Gerakan literasi diterjemahkan sebagai gerakan membaca dan suatu kegiatan yang dilakukan dengan upaya untuk mencari berbagai macam informasi berupa tulisan. Penelitian yang kami lakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dimana lokasi penelitiannya adalah di SDN 010035 Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat. Data yang kami peroleh dalam penelitian ini didapat melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Ditemukan hasil penelitian yang kami peroleh bahwa penerapan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dengan membentuk tim dari mahasiswa KKN Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Asahan memberikan fasilitias tempat untuk para siswa melaksanakan proram GLS di SDN 010035 Simpang Empat, dalam kegiatan ini juga siswa dan guru sangat antusias ketika penerapan program GLS ini diresmikan pada tanggal 29 september 2023.

 

Kata kunci: Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Membaca, SDN 010035 Simpang Empat, Siswa, Pendidikan

 

ABSTACT

 

This research was conducted with the aim of finding out the implementation of the literacy by the SDN 010035school in Simpang Empat District when implementing the school Literacy Movement(GLS). Types of irfomantion in the form of writing. The research we conducted used qualitative research methods where the research location was at SDN 010035 Simpang Empat Village, Simpang Empat District. The data we obtained in this research was obtained through observation, interviews and documentation. It was found from the result pf our research that the implementation of GLS (School Literacy Movement) by forming a tema of KKN students from the Faculty of Teacher Training and Education, Asahan University provided a place for students to carry out the GLS program. At SDN 010035 Simapang Empat, in this activity the students and teachers were very enthusiastic when the implementation of the GLS program was inaugurated on september 29 2023.

 

Keywords: School Literacy Movement (GLS), Reading, SDN 010035 Simpang Empat, Students, Education.


Full Text:

PDF

References


Dharma, K. B. (2020). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. 1(2), 70–76.

Farrahatni, F., Fahri, M., & Hamdani, I. (2022). Upaya Guru Dalam Pemanfaatan Pojok Baca Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas IV SD N Semanan 04 Pagi. 6, 10242–10249.

Hastuti, Sunu dan Lestari, N. A. (n.d.). GERAKAN LITERASI SEKOLAH : IMPLEMENTASI TAHAP PEMBIASAAN DAN PENGEMBANGAN LITERASI. 1(2), 29–34.

Hidayatulloh, P., Solihatul, A., & Dkk. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. 1(1), 6–11.

Husna, Z. (n.d.). Pemanfaatan Pojok Baca Kelas Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah.

Khotimah, K., Akbar, S., & Sa`dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. 1488–1498.

Pradana, B. H., Fatimah, N., & Rochana, T. (2017). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi Siswa Di Sma Negeri 4 Magelang. 6(2), 167–179.

Ramayani, N., Fahrizal, & Muchtar, M. (2022). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Kelas XI MAS Persiapan Negeri Besitang. 2, 72–82.

Situmorang, Riduan. 2022. Menumbuhkan Gerakan Literasi di Sekolah. Jakarta Timur: Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Wiratsiwi, W. (n.d.). PENERAPAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR Wendri Wiratsiwi Info Artikel Abstrak. 10.

Yunianika, I. T., & Suratinah. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Dharma Karya Universitas Terbuka. 3(4), 497–503.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.