PENYULUHAN HUKUM TENTANG PERAN ORANGTUA DALAM MENGATASI KENAKALAN REMAJA

Suriani Suriani, Bahmid Bahmid, Deta Putra Halawa, Aldo Ricky Haris Bahari Mrp, Dessy Indah Sari, Ivanna Febriyanti

Abstract


Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kepada orangtua yang ada di Desa Perkebunan Sei Bejangkar Kabupaten Batubara.Adapun yang menjadi latar belakang dalam pengabdian ini adalah diakhir-akhir ini pada zaman globalisasi sering terdengar dan muncul berita-berita tentang adanya tindakan-tindakan kriminalitas yang dilakukan oleh anak-anak remaja. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan kepada Kepada Desa dan Kepala Dusun Desa Perkebunan Sei Bejangkar masyarakat kerap kali khawatir tentang kelakuan anak-anak yang melakukan pencurian, balap liar, dan perkelahian antar pelajar, terkadang juga masyarakat takut untuk menegur anak-anak yang melakukan tindakan yang diluar batas kewajaran. Untuk mengatasi hal tersebut tim pengabdi melakukan penyuluhan tentang peran orangtua dalam mengatasi kenakalan remaja. Hal tersebut dilakukan agar orangtua mampu memberikan pendidikan dan pengawasan sejak dini kepada anak agar tidak melakukan hal-hal yang negative. Adapun metode pelaksanaan yang dilakukan adalah dengan melakukan audiensi kepada Kepala Desa untuk mendapatkan izin dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum tersebut, selanjutnya menentukan waktu dan tempat, setelah itu menyampaikan materi dan memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya. Hasil dari kegiatan tersebut peserta sangat antusias dalam kegaitan tersebut terlihat dari beberapa pertanyaan telah diajukan kepada pemateri, dan dapat disimpulkan orangtua mau memahami dan mengerti tentang peran orangtua dalam mengatasi kenakalan remaja.

 

Kata Kunci: Orangtua, Remaja, Penyuluhan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, and Abdullah Gimnastiar. “Peran Orang Tua Dalam Upaya Mencegah Tingkat Kenakalan Remaja (Studi Kasus Di Desa Sendang Kecamatan Karangampel Kabupaten Indramayu)” 5 (2022): 1–21.

Andriyani, Juli. “Peran Lingkungan Keluarga Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja.” At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam 3, No. 1 (2020): 86.

Antonius, Purwanto, Losa Jospin, and Tasik Femmy. “Peranan Orangtua Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Akibat Meminum Alkohohol Cap Tikus.” Jurnal Administrasi Publik UNSRAT 1 (2016).

Lestari, Erieska Gita, Sahadi Humaedi, Melainny Budiarti Santoso, And Dessy Hasanah. “Peran Keluarga Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja.” Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 4, No. 2 (2017).

Pratiwi, Lusiana. “Peran Orang Tua Dalam Mencegah Kenakalan Remaja Desa Gintungan Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo.” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 1, No. 1 (2019): 75–83.

Yulita, Marsela. “Peranan Orangtua Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja Di Desa Durian Kecamatan Sungai Ambawang.” Journal of the American Chemical Society 123, No. 10 (2013): 2176–2181. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.