KAJIAN PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SDN 010214 TANAH MERAH
Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan laboratorium di SDN 010214 Tanah Merah. Pengkajian yang dilakukan terutama pada kelengkapan sarana laboratorium biologi, pelaksanaan praktikum dan kendala-kendala yang dialami oleh guru dalam pelaksanaan praktikum. Jenis pengamatan ini adalah termasuk deskriptif dengan metode survey. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas yang berjumlah 160 orang. Sampel yang digunakan ialah 10 orang siswa dari setiap kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau random sampling. Data dikumpulkan melalui observasi laboratorium, penyebaran angket kepada siswa, dan wawancara dengan guru kelas. Data yang diperoleh dari Observasi ini ada tiga. Data pertama diperoleh dari observasi langsung terhadap kelengkapan sarana laboratorium yang hasilnya dibuat dalam bentuk persen. Data kedua diperoleh dari angket kepada siswa tentang pelaksanaan praktikum yang nilainya ditentukan per indikator. Data tersebut dibuat dalam bentuk tabulasi. Data ketiga diperoleh dari hasil wawancara dengan guru yang hasilnya dibuat dalam bentuk tabel. Hasil Pengamatan menunjukkan bahwa sarana laboratorium di SDN 010214 Tanah Merah belum tersedia dengan lengkap sesuai standar Permendiknas No. 24 tahun 2007. Pelaksanaan praktikum IPA belum dilaksanakan secara optimal disebabkan oleh kurangnya ketersedian alat dan bahan praktikum di laboratorium.
Kata Kunci: Observasi, Laboratorium
Full Text:
PDFReferences
Arikunto,S, (2003) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, PT Rineka Cipta: Jakarta.
C. Rogers,dalam lestari mikasa (2005). Pendidikan Anak di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.
Departemen Pendidikan Nasional. (2007) UU RI No 20 tahun 2006, Jakarta: Depdiknas
Djamarah, 2003. Pengantar Metode Researe, Bandung, Alumni.
Gagne dan R. Ibrahim (2007). Strategi Belajar Mengajar, Universitas Terbuka Jakarta.
Keeton and Tate,dalam sucianti(2005) Belajar dan Pembelajaran,Bandung Angkasa.
Haryanto (2007), Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 SD, Tim bima Karya guru :Jakarta: Erlangga.
Mustafa (2011), Kajian laboratorium Sekolah, Jakarta : Airlangga.
Sulastri (2008), Tes Dan Asessmen Di SD, Jakarta : Universitas Terbuka.
Sudjana., (2002), Metode Statistika, Tarsito, Bandung.
Wardani dkk (2008), Pemantapan Kemampuan Profesional Buku Panduan, Jakarta: Universitas Terbuka.
Wingkel, (2004) Teknologi Pembelajaran, Landasandan Aplikasinya, Rineka Cipta: Jakarta.
Wardani dkk (2007), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.