SOSIALISASI PROGRAM PENGEMASAN DAN PEMASARAN PRODUK ONLINE UMKM DESA SENGON SARI

Riswan Riswan, Vhanisa Avdhella Margolang, Sarifah Fadhila

Abstract


Pengabdian ini bertujuan agar masyarakat dapat membuka usaha online secara mandiri melalui handpone yang digunakan masyarakat, sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Selain itu program ini memberikan keterampilan kepada masyarakat berupa pelatihan pengemasan produk. Metode yang di gunakan dalam kegiatan ini dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang strategi pengemasan produk dan  penjualan online secara masal sehingga masyarakat mendapatkan konsumen di berbagai daerah sehingga produk yang di kembangkan masyarakat dapat terjual di berbagai daerah. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Desa Sengon sari Kecamatan Aek Kuasan Kabupaten Asahan. Peserta yng mengikutin kegiata ini terdiri dari 20 masyarakat yang memiliki usaha UMKM. Hasil yang di dapat dari kegiatan ini masyarakat mempunyai keterampilan dalam pengemasan dan pemasaran produk secara online di median sosial yang sedang berkembang saat ini.

 

Kata Kunci: Pengemasan, Penjualan Online, UMKM

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N , S., Bakar ,S, A., & Musa, R, (2017). Exploring the roles of Social Media Contect Marketing (SMCM) toward Return on Investment (ROI): A conceptual paper. Pertanik Journal of Social Sciences and Humanities, 25, 261-268.

Arifah, F, N, (2015). Analisis sosial media sebagai strategi marketing dalam bisnis inline. Jurnal Transformasi, 11(12).

Asse, R, A, A. (2018). Strategi pemasaran online (studi kasus facebook marketing warunk bakso mas cingkrank di makassar. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi.

Dahnil, M,I., Marzuki, K. M., Langgat,J., & Fabeil, N,F, (2014). Factors influencing SMEs adoption of social media marketing. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 148,119 126.

Fahmi, I,A. Abubakar, R. Idealistuti. Sidik, M. Paridawati, I. Nugroho, A,A. (2020). Penyuluhan Pengemasan,Pelabelan, dan Strategi Pemasaran Serundeng Laos. Altifani: International Journal Of Community Engagement, 10-14.

Hayatie, M,N. Gautama, M,S. Sur,W,A,A. (2021). Sosialisasi Strategi Pemasaran Berbasis Online Pada Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Bumbungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 58-62.

Mas’udah, K,W. Achmad, Z, A. Chayani, I,S,P. Multazam, N,A. Putra, R,F,A(2021). Pelatihan Desain Pengemasan dan Pemasaran Kelompok UMKM Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Kelurahan Dupak Kecamatan Krembangan Kota Surabaya Jawa Timur. Share (Journal Of Service Learning), Vol.7, No. 2(8), 129-135.

Nisa, K., Laili, A., Qolbiyatul, S., & Suyanto, M. (2018). Strategi pemasaran online dan offline. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 1(1).

Purnaningrum, E. Masnuah, M. Hanifah, H,Z(2018). Pengembangan Pemasaran Online dan Pengemasan Produk Berperan Terhadap Hasil Daya Jual. Pemanas Adi Budana,Vol.2, No.1, 01(7), 7-10.

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi sosial media sebagai media pemasaran usaha kecil menengah, Liquidity, 2(1), 80 86.

Sholajuddin, A., Analita, R. N., Iriani, R., & Suharto, B. (2019). Pemberdayaan perempuan desa: Produksi dan pemasaran nata de coco. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 49-55.

Makmun, S. (2020).Pelatihan Pengemasaran dan Pemasaran Produk Secara Digital. Majalah Ilmiah; Pelita Ilmu, Vol.3 No.2, 170-187.

Tjiptono, F, (2014). Pemasaran jasa: Penerapan dan penelitian. Jakarta.

Widiati, A,(2019). Peranan Kemasan (Packaging) Dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di”Mas Pack” Terminal Kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, Vol.8,No.2,67-76.

Wijaya, A, L,. Fauziah, M, N,. & Pangastuti, P, K, (2021). Pelatihan Pengemasan Produk dan Pengelolaan Akun Market place Pada Usaha Mikro “Namida” Masker Magetan. Jurnal Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 150-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.