PENDAMPINGAN TATA KELOLA BISNIS MELALUI DIGITAL MARKETING PADA UMK DI DESA MANIS KECAMATAN PULAU RAKYAT KABUPATEN ASAHAN

Nisfu Fhitri, Maulana Septian Frananda Putri, Dini Raudiani, Budi Rizki Syahputra

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang ditujukan untuk masyarakat terkhusus untuk para pelaku bisnis rumahan atau UMK dan pihak terkait lainnya di Desa Manis Kecamatan Pulau Rakyat Kabupaten Asahan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi maupun pelatihan tentang pentingnya upaya peningkatan pengelolaan bisnis UMK kepada para pelaku bisnis rumahan yang ada di Desa Manis Pulau Rakyat. Dalam pelaksanaannya pelaku UMK harus memiliki manajemen yang dimana dalam prosesnya terdapat suatu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan pengawasan agar UMK yang dijalankan menghasilkan produk terbaik sehingga mendapatkan profit/ keuntungan yang maksimal. Untuk itu kegiatan pengabdian ini memiliki point penting utama yaitu pendampingan dan pelatihan bisnis rumahan (UMK), pendampingan digital marketing melalui pembuatan akun google maps. Hasil dari kegiatan pengabdian ini berisi tentang kemajuan pelaksanaan pengabdian, data- data yang diperoleh, serta analisis yang telah dilakukan dalam kegiatan pengabdian.

 

Kata Kunci: Tata Kelola, Digital Marketing, UMK

Full Text:

PDF

References


Amstrong, G & Kotler, P. (2018). Principles of Marketing (Seventh Ed). Harlow, United Kingdom.

Anandita ZP, Ningrum P, Lulu AN, dan Deden P. 2021. ‘Modernisasi Strategi UMKM Resistensi Usaha di Masa Pandemi Covid-19’. Al Khidmat Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al- khidmat/index

Deanta, 2016, Memahami Pos Pos dan Angka Angka daalam Laporan Keuangan Untuk Orang Awam, Yogyakarta, Gaya Media

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62-76.

Hendarsyah, D. (2020). Pemasaran Digital Dalam Kewirausahaan. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 9(1), 25-43. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v9i1.209

Hoiruddin, M.A Dkk, (2016), Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Ditaman Baca Masyarakat, Journal An-nafs 1 (2) 291-319 Desember 2016

Kotler, Amstrong. 2012. Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi Lima Belas Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kusuma, D, F & Sugandi M, S. (2018). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi Vol 3, No 1

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Riadi M. (2019) Home Industri (Fungsi, Manfaat, Jenis Usaha, Keunggulan dan Kelemahan).

S. Munawir Drs. Akuntan Analisa Laporan Keuangan, Edisi ke Empat 2004.

Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H. P., Romindo, R., Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menulis. Yayasan Kita Menulis.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.

Solihin, Ismail, Manajemen Strategik, Jakarta , Erlangga 2012 Wati, et al., (2020). Digital Marketing. PT. Literindo Berkah Jaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.