MEMOTIVASI DAN MEMBERI EDUKASI MEMBACA DAN MENULIS UNTUK ANAK USIA DINI DALAM RANGKA MEMBANGUN REGENERASI DESA YANG CERDAS
Abstract
Membaca dan menulis merupakan suatu hal yang utama dalam jenjang pendidikan. Untuk menumbuhkan minat baca dan menulis perlu ditanamkan dan ditumbuhkan sejak usia dini. Maka perlunya motivasi kepada anak- anak usia dini untuk membaca dan menulis. Semakin banyak kosakata yang anak miliki, maka mereka akan pandai dalam menulis. Maka dari itu di salah desa yaitu desa pinanggirpan perlu adanya diberikan motivasi kepada anak usia dini untuk menulis dan membaca agar mereka lebih terlatih dari usia dini. Kegiatan menulis memerlukan kematangan perkembangan motorik halus serta konsentrasi anak berupa kematangan anak dalam memegang alat tulis dan kemampuannya dalam menggerak gerakakan jari jemari serta tanggan untuk meniru bentuk dan menulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data yang bersifat kualitatif yang berkaitan dengan motivasi dan edukasi kepada Anak usia dini untuk membaca dan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memotivasi Anak usia dini untuk membaca dan menulis agar mereka dapat lebih giat dalam belajar membaca dan menulis sejak usia dini yang dapat membantu mereka sebelum melanjutkan kejenjang pendidikan.
Kata Kunci: Membaca, Menulis, Anak usia dini, Motivasi, Desa Pinanggirpan
Full Text:
PDFReferences
Inten, D. N. (2017). Peran Keluarga dalam Menanamkan Literasi Dini pada Anak. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.29313/ga.v1i1.2689
Sintiawati, 2021. (2013). 296285332, 5(1), 1–12.
ASIAH, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 19. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2746
[ Istiyani, D. (2014). Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian, 10(1). https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.351
Shaleh, M., Batmang, B., & Anhusadar, L. (2022). Kolaborasi Orang Tua dan Pendidik dalam Menstimulus Perkembangan Keaksaraan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4726–4734. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2742
Zain, S. S., Nurmalina, N., & Fauziddin, M. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Pada Keluarga Muda di Desa Sumber Makmur Kecamatan Tapung. Journal on Teacher Education, 2(1), 270–289. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1244
Widiyanti, D., & Darmiyanti, A. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Flash Card. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(2), 16–29. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v4i2.265
Eka, G. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Melalui Permainan Kartu Gambar Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 1–12.
Dewi. (2021). Kemampuan, Peningkatan Anak, Berbahasa Dini, Usia Pendekatan, Melalui Language, Whole Early, Increasing Language, Children S Whole, Through Approach, Language. Jurnal Peningkatan Berbahasa, 1, 94–109.
Christianti, M. (2015). Membaca dan Menulis Permulaan Untuk Anak Usia Dini. In Jurnal Pendidikan Anak (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042
Refbacks
- There are currently no refbacks.