STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI UMKM DI DESA DAHARI SELEBAR KECAMATAN TALAWI KABUPATEN BATU BARA PROVINSI SUMATERA UTARA

Heri Prasuhanda Manurung, Dian Ayu Andriani, Harbaini Harbaini, Ammar Hafiz, Anita Anita

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebenarnya untuk meningkatkan kemampuan warga  masyarakat dalam pengelolaan produk terutama pada proses pengemasan produk UMKM khususnya pada kue putu. Tujuan utama kegiatan pengabdian masyarakat pada home industri kelompok usaha kecil dan menengah ini adalah meningkatkan keterampilan dalam perencanaan usaha, pengembangan usaha, proses produksi, promosi produki, akuntansi biaya dan akuntansi keuangan yang berguna untuk pengembangan usaha di desa Dahari Selebar. Berdasarkan hasil angket dari beberapa warga yang menjadi peserta menunjukkan pelatihan pengemasan dan pemasaran produk kue putu baik online maupun offline, pengabdian pada masyarakat ini berjalan lancar sesuai dengan target yang diharapkan. Program pelatihan ini mampu memberikan keterampian dalam membuat kemasan produk yang kompetitif dan melakukan pemasaran  produk terutama secara online melalui media sosial baik media Facebook, WhatsApp, dan lain-lain. Kendala yang muncul pada tahap pelatihan dapat diatasi dengan baik melalui metode pendampingan. Target khusus dari pengabdian masyarakat pada kelompok usaha ini adalah pemahaman atas prosedur perencanaan dan pengembangan usaha prosedur sistem akuntansi biaya untuk penentuan pos produk kemampuan mengelola keuangan secara benar dan kegiatan pemasaran serta promosi yang efektif dan efisen. Bagi prakitsi pendidikan diharapkan senantiasa dapat membantu dan mendampingi para peserta yang mempunyai usaha di desa Dahari Selebar baik teori maupun praktiknya sehingga usaha tersebut tumbuh dan berkembang. Bagi LPPM kampus melalui Pengabdian Pada Masyarakat Dan Kulah Kerja Nyata Tematk Merdeka  Belajar Kampus Merdeka (KKNT MBKM) Tahun 2022 hendaknya selalu memotivasi dan menjadi fasilitator program pengabdian tersebut agar terus berjalan dan berkembang sebagamana mestinya

Kata Kunci : UMKM, pemasaran, kemasan

Full Text:

PDF

References


Alfianto, E.A, Sos,S., & AB, M. (2012). Kewirausahaan: Sebuah Kajian Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Heritage,1 (2), 33-42.

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). DutaComJournal,9(1), 43-43.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (2011). Materi pelatihan Penulisan Astikel Ilmiah Nasional, Kementrian Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. (2012). Surat Edaran Penulisan Artikel Ilmiah No.152/E/T/2012. Fred R.David. (2013). “Manajement Strategi” edisi 14, Pearson edition.

M.Mufti Mubarok. (2013). “Manajemen Praktis Kewirausahaan”, Graha Pustaka Media Utama.

MF. Arrozi ibM. (2015). Masyarakat Kelompok Usaha Handycraft, Kecamatan Ciputat dan Pamulang Kabupaten Tangerang Selatan, Jurnal Abdimas UEU.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di indonesia. Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.

Sukmadinata, S. N. (2005). Metode Penelitia. Bandung: PT remaja rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.