PENINGKATAN PENDAPATAN BISNIS RUMAHAN (UMKM) MELALUI LITERASI PRODUK BERSERTIFIKASI HALAL DAN HIGIENIS, PELATIHAN PENGEMASAN PRODUK DAN DIGITAL MARKETING DI DESA BUNUT SEBRANG KECAMATAN PULO BANDRING KABUPATEN ASAHAN

Hilmiatus Sahla, Zulfa Khairina Batubara, Dian Ayu Andriani

Abstract


Kemajuan teknologi pada sektor ekonomi salah satunya adanya keberadaan e-commers. Strategi pemasaran secara online tidak hanya memasarkan produk dengan memiliki toko online namun juga dapat memaksimalkan pemanfaatan media sosial sebagai media promosi. Teknologi sangat membantu sekali bagi pelaku bisnis rumahan (UMKM) jika pelaku usaha tersebut juga memperhatikan aspek lainnya seperti pentingnya pelaku usaha mengurus sertifikasi halal untuk produknya, keamanan dan higienis produk dengan memiliki nomer Irt dari dinas kesehatan atau BPOM, Kemasan yang kekinian yang dapat menarik perhatian konsumen.  Masa pandemi covid-19 memberikan dampak penurunan penjualan  produk bisnis rumahan  karena adanya anjuran atas keharusan melakukan aktivitas dari rumah yang membuat aktivitas di luar berkurang sehingga dapat menurunkan daya beli masyarakat. Oleh karena itu sangat penting untuk memasarkan  produk secara online agar konsumen dan pelanggan tidak hanya dari wilayah dimana produk itu diproduksi. Strategi pemasaran online dapat mendorong pelaku usaha untuk menigkatkan keterampilannya dalam  melakukan promosi dengan teknologi sehingga juga bersinergi terhadap hasil penjualan yang akan mengalami peningkatan.

Kata kunci  : Pemasaran Online, Sertifikasi halal, Higenis, Kemasan  Produk

Full Text:

PDF

References


Al farisi, M.S. 2020. Preferensi Masyarakat Terhadap Pembelian Produk Makanan Halal Di Dusun Mlangi Yogyakarta.Vol.1 No.2 hal 60-75. E-ISSN: 2798-5687.

Yuwana, S.I.P & Hikmatul Hasanah.2021. Literasi Produk Bersertifikasi Halal dalam Rangk Meningkatkan Penjualan Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani. hal 104-112.

Nunung, dkk. 2022. Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Untuk Peningkatan Skala Usaha Bagi Pelaku UMKM Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat.Vol.2 No.2 hal:159-162.

Sahla, H & Aris Siregar.2021. Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Pengembangan Jiwa Pembisnis Di Kalangan Remaja Desa Suka Makmur Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan. Rambate: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.Vol.1 No.1 hal 50-55. E-ISSN: 2797-4960.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.