PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA J&T EXPRESS JALAN SISINGAMANGARAJA KISARAN

Siti Rahmadani Marpaung, Hamida Sari Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil regresi menghasilkan persamaan Y = 2,226 + 0,180X1 + 0,277X2 + 0,168X3. Uji-F menghasilkan nilai Fhitung (42,147) > Ftabel(2,70), artinya secara serempak Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Hasil uji-t, secara parsial Citra Perusahaan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan  karena thitung (2,184) >  ttabel (1,98580), Kualitas Pelayanan  berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan karena thitung (4,247) > ttabel (1,98580), Kepuasan Pelanggan  berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan karena thitung (2,887) > ttabel (1,98580). Hasil uji-R2, nilai R Square yaitu 0,583, artinya variabel bebas yang terdiri dari Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pelanggan mampu menjelaskan Loyalitas Pelanggan sebesar 58,3%, sedangkan sisanya 41,7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci :  Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


A. Buku :

Arikunto Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Buku Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Asahan T.A 2023/2024

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Surabaya: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Handi, I. 2004. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo

Hawkins. 2012. Consumer Behavior: Building Marketing Strategy, 11 Th Edition, McGraw-Hill

Hendri Tanjung. 2013. Metode Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Gramata Publishing

Indrasari Meithiana. 2017. Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan Tinjuan dari Dimensi Iklim Organisasi, dan Karakteristik Pekerjaan. Sidoarjo: Indomedia Pustaka

Inggang Perwangsa Nuralam. 2017. Etika Pemasar dan Kepuasan Pelanggan dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Malang: UB Press

Julius Yudi dan Nandan Limakrisna. 2017. Manajemen Pemasaran (Model Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Yogyakarta: Deepublish

Kotler, P. & Keller, K.L. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga

Lupiyadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat

Mudrajad Kuncoro. 2012. Metode Kuantitatif Teori Aplikasi untuk Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN

Muhammad Muhyi. 2019. Metode Penelitian Research. Surabaya: Buana University Press

Riduwan dan Akdon.2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statitiska. Bandung: Alfabeta

Sinambela, Lijan Poltak. 2011. Reformasi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Situmorang dan Lutfi M. 2017. Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU Press

Subjana, N. 2011. Metode Statistik. Badung: Taristo

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Implementasi. Yogyakarta: Andy Offset

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R & D, Cetakan ke-20. Bandung: Alfabeta

Tjiptono. 2019. Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan Edisi 1, Yogyakarta: Andy Offset

Penerbitan Berkala :

Agus Prasetyanta, “Pengaruh Citra Perusahaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Mirota Kampus Yogyakarta”, Jurnal Bisnis dan Akuntansi, Oktober 2021, Vol.13, No.2

Kanaidi, “Pengaruh Customer Value dan Corporate Image Terhadap Loyalitas Pengguna Jasa Paket Pos di Wilayah Pos Bandung Raya”, Jurnal Ilmiah Competitive, 2010, Vol 6 No.2

Margaretha Mouren, “Studi mengenai loyalitas pada divisi asuransi kumpulan AJP bumi Putra”, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 2004, Vol. 3, No. 3

Moh. Akhsanus Tsalatsa, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cafe Kopi Gresik”, Jurnal Pendidikan Tata Niaga, Maret 2021, Vol.9, No.3

Ni Putu Ayu Ratih Wayuni, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada J&T Express Manado”, Jurnal Ilmu Manajemen, Oktober 2021, Vol.7, No.4

Raymond, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada J&T Express Indosat Batam”, Jurnal Ilmiah CORE IT, Juni 2022, Vol.5, No.2

Setiawan, “Analisis Pengaruh Kegiatan Pemasaran Terhadap Ekuitas Merek Pada Customer”, Jurnal Usahawan, 2007, Vol. 4 No.1

Tuty Mutiah, “Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Taman Rental Jakarta”, Jurnal Global Komunika, Februari 2021, Vol.4, No.1




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v10i2.4512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.