PENGARUH HARGA DAN JENIS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN CALIFORNIA FRIED CHICKEN (CFC) KISARAN
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Harga, Jenis Produk, terhadap Minat Beli. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling, yakni teknik penentuan sampel dengan pertimbangan karakter dan ciri-ciri yang telah ditentukan terlebih dahulu untuk membatasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 99 orang Konsumen California Fried Chicken (CFC) Kisaran dan kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Analisis kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut :
Ŷ = 0.521 + 0.574 X1 + 0.438 X2 + e Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Urutansecara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh adalah variabel Harga dengan koefisien regresi sebesar 0,574 lalu Jenis Produk dengan koefisien regresi sebesar 0,438, koefisien regresi sebesar 0,521, secara parsial dan simultan seluruh variabel berpengaruh secara signifikan.
Kata kunci : Harga, Jenis Produk dan Minat Beli.
Full Text:
PDFReferences
Drucker, Peter F, Manajemen Pemasaran, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2001.
Durianto, Strategi Menaklukan Pasar, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2003
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2005.
_____, Philip dan Gary Armstrong, Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid 2 Edisi Kesembilan, Indeks, Jakarta, 2005.
Kotler, Philip, Principles of Marketing, Prentice/Hall International, Inc., London 2000
Kuncoro, Mudrajad, Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi, Erlangga, Jakarta, 2009
Lamb, Charles W., Joseph F. Hair, Carl McDaniel, Pemasaran, Edisi ke 2, Salemba 4, Jakarta, 2001
Lupiyoadi, Manajemen Pemasaran Jasa, Penerbit Salemba Empat, Jakarta, 2001
Saladin, Djaslim, Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, Cetakan Ketiga, Penerbit Linda Karya, Bandung, 2003.
Sastradipoera, Komaruddin, Strategi Manajemen Bisnis Perbankan, Edisi Pertama, Penerbit Kapa-Sigma, Bandung, 2004.
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Penerbit Alfabeta, Bandung, 2005.
Swastha, Basu dan Irawan, Manajemen Pemasaran Moderen, FE UI, Jakarta, 2005.
Tjiptono, Fandy, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2004.
Umar, Husein, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi Kedua, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta, 2007.
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v5i2.451
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.