UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL BERMAIN PERANPADA SISWA KELAS IV SDN014710 TANJUNG KUBAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengidentifikasi dan mengamati pelajaran yang terjadi di kelas dan Meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Bermain Peran.objek penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN 014710 Tanjung Kubah.yang terdiri dari 30 siswa. Pada saat siklus I pada pelajaran IPA nilai rata-rata siswa 66 dan yang tuntas 56% setelah dilakukan tindakan yaitu pada siklus II mengalami peningkatan yakni nilai rata-rata menjadi 73,6 dan yang tuntas 86%.sehingga terdapat peningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dengan dibelajarkan dengan menggunakan model bermain peran.
Kata Kunci : Model, Hasil Belajar, Bermain Peran
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman (2009). Belajar Mengajar, Rineka Cipta: Jakarta.
Arend(2005) Belajar dan Pembelajaran.,:Bandung Angkasa
Departemen Pendidikan Nasional. (2007) UU RI No 22 tahun 2005, Jakarta:Depdiknas
Dimyati, 2006. Pengantar Metode Researe, Bandung, Alumni.
Haryanto (2007), Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 SD, Tim bima Karya guru :JakartaErlangga
Sanjaya (2007), Strategi Belajar Mengajar MIPA, Universitas Negeri Malang, Malang.
Slameto, 2003. Belajar dan Fakto-faktor yang Mempengaruhinya. Cet. 5. PT Rineka Cipta: Jakarta
Sudjana, 2002. Metode Statistika. Ed. rev, cet. 6. Tarsito: Bandung
Sudjana, N.,2008, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung
Suprijono(2010), Cooperatif Learning, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Wardani dkk (2008), Pemantapan Kemampuan Profesional Buku Panduan, Jakarta: Universitas Terbuka
Wardani dkk (2007), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v10i1.3904
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.