PERANCANGAN APLIKASI TATA CARA MELAKSANAKAN IBADAH HAJI DAN UMROH BERDASARKAN SYARIAT ISLAM BERBASIS ANDROID
Abstract
Haji merupakan mengunjungi Baitullah (Ka'bah) di Mekah untuk melakukan amal ibadah
tertentu dengan syarat-syarat tertentu pula. Ibadah Haji merupakan salah satu dari rukun Islam. yakni
pada rukun yang kelima yang wajib dikerjakan bagi setiap muslim, baik itu laki-laki maupun perempuan
yang mampu dan telah memenuhi syarat. Orang yang melakukan ibadah haji wajib memenuhi ketentuanketentuannya.
Ketentuan haji selain pengertian haji diatas, juga syarat haji, rukun haji, wajib haji,
larangan haji, tata cara haji, serta sunnah-sunnah haji.
Perancangan aplikasi tata cara melaksanakan ibadah haji dan umroh berdasarkan syariat islam
merupakan wujud kepedulian peneliti untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dan menggantikan buku
panduan yang manual ke sistem digital.
Uji coba telah dilakukan pada emulator Jallybean (4.0.3). Sedangkan implementasi program
dilakukan pada smartphone samsung. Secara umum, hasil yang ditampilkan dari emulator dan
smartphone samsung tidak jauh berbeda dengan hasil emulator Jallybean (4.0.3), hanya saja Android
dengan versi yang lebih tinggi memiliki kecepatan akses yang lebih cepat.
Kata Kunci : Panduan Ibadah Haji dan Umroh, Syariat Islam, Android
Full Text:
PDFReferences
Achmad Sidik, dkk, 2014. “Perancangan Sistem Informasi Geografis Kebudayaan Indonesia”. Jurnal Sisfotek Global. Vol. 4. No. 2.
Andi Juansyha, 2015. “Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System (A-Gps) Dengan Platform Android”. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA) Vol.1. No.1.
Anwar Muthohari, dkk, 2016. “Pengembangan Aplikasi Kasir Pada Sistem Informasi Rumah Makan Padang Ariung”. Vol. 13. No. 1
Gia Anggraini, Siti Ardianty, Eka Puji Widiyanto, 2014. “Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Pariwisata Sumatera Selatan Berbasis Sistem Operasi Android”. Seminar Perkembangan dan Hasil Penelitian Ilmu Komputer (SPHP-ILKOM). ISSN: 2407-1102. Hasan Abdurahman, 2014. “Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti”. Jurnal Computech & Bisnis. Vol. 8. No. 2.
Kusnita Yusmiarti, 2016. “Perancangan Sistem Distribusi Produk Teh Hitam Berbasis Web Pada PTPN VII Gunung Dempo Pagar Alam”. Jurnal Informatika. Vol.4. No.2.
Laila Septiana, 2016. “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ispa Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Android”. Jurnal Techno Nusa Mandiri. Vol.13 No.2.
Murtiwiyati dan Glenn Lauren, 2013. “Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android”. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, Vol. 12 No. 2.
M. Abdurrozzaq Almuzakki, 2013. “Rancang Bangun Aplikasi Location-Based Service Pencarian Lokasi Wisata Di Kota Semarang Berbasis Android”. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Nurhalimah, 2015. “Upaya Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Dalam Menyelenggarakan Kegiatan Bidang Kebudayaan Di Kabupaten Nunukan”. eJournal Ilmu Pemerintahan. Vol. 3 , No. 1.
Retno Wardhani, Moh Husnul Yaqin, 2013. “Game Dasar-Dasar Hukum Islam Dalam Kitab Mabadi’ul Fiqh Jilid I”. Jurnal Teknika Vol. 5 No.2.
Rojali Soni Afandi, Erik Hadi Saputra, 2013. “Aplikasi Mobile Informasi Kafe 24 Jam Di Yogyakarta Berbasis
Android”. Jurnal Ilmiah DASI. Vol. 14 No. 4.
Sulihati dan Andriyani, 2016. “Aplikasi Akademik Online Berbasis Mobile Android Pada Universitas Tama Jagakarsa”. Jurnal Sains dan Teknologi Utama. Vol. 10. No. 1.
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v2i5.323
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.