FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN GUNUNG SARI 2 DI SIPAKU AREA KEC. AIR BATU ASAHAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas cita rasa, harga dan
pelayanan terhadap minat beli konsumen pada Rumah Makan Gunung Sari 2. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh kualitas cita rasa, harga dan pelayanan pada konsumen
terhadap minat beli konsumen pada Rumah Makan Gunung Sari 2. Responden yang terlibat dalam
penelitian ini sebanyank 100 orang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : Kualitas Cita Rasa, Harga dan
pelayanan pada konsumen berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Rumah Makan Gunung Sari
2.
Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, jenis penelitian adalah
deskriptif kuantitatif, metode pengumpulan data dilakukan melelui observasi, wawancara, dan daftar
pertanyaan. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi melalui uji F dan uji t. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa kualitas cita rasa (X1), harga (X2) dan pelayanan (X3) secara serempak berpengaruh
positif dan signifikan terhadap minat beli (Y) pada Rumah Makan Gunung Sari 2.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan
anatara variabel kualitas cita rasa (X1), variabel harga (X2), variabel pelayanan (X3) terhadap minat beli
(Y), ini terbukti dari hasi uji f yaitu sebesar 131.228, untuk pengujian hipotesis bahwa kualitas cita rasa,
harga dan pelayanan berpengaruh terhadap minat beli (Y), ini dapat dilihat dari hasil pengujian statistik
sebesar nilai t hitung dari kualitas cita rasa (X1) sebesar 4.133, harga (X2) sebesar 15.228 dan pelayanan
(X3) sebesar 2.905, dengan nilai signifikan 0.00. Nilai tersebut menunjukkan bahwa kualitas cita rasa,
harga dan pelayanan pada konsumen secara serempak berpengaruh signifikan terhadap minat beli
konsumen pada Rumah Makan Gunung Sari 2. Secara parsial variabel kualitas cita rasa, harga
berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, dan variabel pelayanan pada konsumen
berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen.
Kata Kunci : Kualitas Cita Rasa, Harga, Pelayanan, Minat Beli
Full Text:
PDFReferences
Ginting, Syafrizal Helmi Situmorang. “Filsafat Ilmu dan Metode Riset”. Medan : USU Press. 2008.
Ghozali, Imam. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.”Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 2005
Kasmir, ” Etika Costumer Service”, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta. 2005.
Kotler, Philip, “Manajemen Pemasaran”, Alih Bahasa BenjaminMolan dan Hendra Teguh Edisi Milenium, Jakarta. 2000.
Kotler, Philip dan Amstrong. Manajemen Pemasaran. Edisi II. Jakarta :PT. Indeks. 2001
Kuncoro, Mudrajad. “Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi”. Penerbit Erlangga, Jakarta. 2003.
Mangkunegara, Anwar Prabu. “Prilaku Konsumen". PT. ERESCO, Bandung. 2002.
Mc. Daniel, “Pengantar Bisnis”, Edisi I, Salemba Empat, Jakarta. 2001.
Riduan dan Akdom, Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis, Bandung : Alfhabeta,2007
Sugiyono, “Metode Peneliti Bisnis”, Cetakan Pertama. Penerbit CV. Alfha Betha, Bandung.2003.
Swasta Basu, dan Irawan, “Manajemen Pemasaran Modern”, Liberty, Yogyakarta.2000.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, service, Quality and Statisfaction, Yogyakarta: ANDI. 2001
Umar, Husein, ”Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis”. PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta.2000
Yamin dan Kurniawan, “SPSS Compplete Teknik Analisisis Statistik Terlengkap SPSS Seri I, Jakarta : Selemba Empat 2008.
Yazid. “Pemasaran Jasa : Konsep dan Implementasi “, Edisi Kedua, Penerbit Ekonisia Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta. 2005
Rayi Endah K “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Harga Tehadap Kepuasan Pelanggan Restoran Taman Singosari Semarang”. 2008.
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v2i5.316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.