PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Herna Simamora, Yumitra Falenthine Br Ginting

Abstract


ABSTRAK

       Pendidikan merupakan suatu proses yang membantu manusia dalam mengembangkan dirinya sehingga mampu menghadapi segala perubahan dan permasalahan yang ada. Hal ini senada dengan fungsi pendidikan nasional yang tertuang dalam Undang-undang Dasar Sistem Pendidikan Nasional Bab II pasal 3 yang mengatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak manusia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Pembelajaran Matematika di sekolah membutuhkan penggunaan model oleh guru Matematika di Sekolah Dasar. Guru matematika harus terlebih dahulu mengetahui model pembelajaran yang tepat di sekolah dalam proses belajar mengajar. Adanya penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Guru memegang andil penting supaya proses belajar mengajar menyenangkan, mampu menarik siswa dan aktif sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

 

Kata Kunci: Pendidikan, Peserta didik, Guru


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2009.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Rosmala. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Program Pascasarjana UNIMED.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.

Dimyati. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Citra Lesmana, Donny. 2011. Mudah Berhitung Matematika SD Kelas V. Jakarta: Yudhistira

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. 2012. 68 model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Istarani dan intan pulungan.2015. Ensiklopedi Pendidikan. Medan : media persada

Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Nana, Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman.2012.Model-model Pembelajaran. Bandung : Rajagrafindo Persada

Saminanto. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: RaSAIL Media Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ar-ruzz Media

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:

Kencana.

Uno, Hamzah B.2011. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i2.2864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.