PENGARUH SEMANGAT DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR SAMSAT KOTA TANJUNG BALAI TAHUN 2021

Aris Siregar .

Abstract


ABSTRAK

 

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah indikasi bahwa produktivitas kerja pegawai yang ada pada lingkungan Kantor Samsat Kota Tanjung Balai yang belum optimal. Masih banyak terkendala dalam melaksanakan tugas dan pegawai belum bisa bekerja secara optimal. Hal ini terlihat dari kemampuan pegawai yang tidak mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, kurang teliti dalam bekerja, kurang memahami pekerjaan yang diberikan atasan,  ini mungkin  juga diakibatkan ketidaksesuaian latar belakang pendidikan dengan pekerjaaan yang dilakukan dan pelatihan yang diberikan tidak tepat sasaran sesuai dengan tugas dan fungsi pekerjaan pegawai.

Teori yang digunakan dalam penulisan ini adalah teori manajemen organisasi dan sumber daya manusia dengan lebih berfokus pada semangat, disiplin kerja dan produktivitas kerja yang menjadi variabel-variabel dalam penelitian ini.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan survey. jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan sifat penelitian adalah penjelasan. Metode pengumpulan data adalah dengan wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Populasi adalah seluruh pegawai pada Kantor Samsat Kota Tanjung Balai yaitu 42 orang dan ditetapkan jumlah sempel dari seluruh populasi yang ada yaitu sejumlah 42 orang pegawai.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak terdapat pengaruh sangat signifikan antara semangat dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja pegawai pada Kantor Samsat Kota Tanjung Balai dan secara parsial menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara semangat dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja pegawai pada Kantor Samsat Kota Tanjung Balai dan secara parsial pengaruh yang paling dominan terhadap efektifitas kerja pegawai adalah disiplin kerja.

Kesimpulan hasil penelitian, secara serempak dan parsial semangat dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja pegawai pada Kantor Samsat Kota Tanjung Balai. Untuk lebih meningkatkan produktivitas kerja pegawai, agar setiap pegawai dapat lebih meningkatkan semangat kerja dan meningkatkan disiplin dalam berkerja dan pimpinan agar dapat selalu memberikan semangat dan memperhatikan disiplin pegawainya.

 

Kata Kunci : Semangat, Disiplin, Produktivitas Kerja.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, 2005, Manajemen Penelitian, Cetakan Ketujuh, Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawi, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Dessler, Garry, 2000, Human Resource Management, New jersey, Prentice-Hall Inc.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Edisi Ketiga, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, Malayu S.P, 2000. Organisasi & Motivasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2007. Evaluasi Kinerja SDM, Cetakan Ketiga, Bandung: Penerbit Refika Aditama.

Mangkuprawira, Sjafri. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Cetakan Kedua, Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian, Cetakan Kelima, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Santoso, Singgih.2003. SPSS Versi 11 : Mengolah Data Statistik secara Profesional, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sastrohadiwiryo, B. Siswanto. 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Sergiovanni, T.J., 2001. The Principalship of reflektive Practice prespectif, Boston: Allyn and Bacon.

Sugiyono. 2006. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfebeta.

Thoha, Miftah, 2007. Kepemimpinan Dalam Manajemen, Edisi Pertama, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v8i1.2525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.