Hubungan Kecerdasan Spiritual dan Literasi Lingkungan Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan spiritual (SQ) dan literasi lingkungan mahasiswa pada pembelajaran online selama masa pandemi covid-19. Populasi merupakan mahasiswa semester 4 yang mengambil mata kuliah Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) dengan sampel 40 orang. Penelitian ini merupakaan penelitian survei dengan teknik analisis korelasi regresi sederhana. Instrumen penlitian yaitu kuesioner untuk variabel kecerdasan spiritual dan skala NEP (New Ecological Paradigm) untuk variabel literasi lingkungan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan spiritual memiliki hubungan dengan literasi lingkungan.
Kata Kunci : kecerdasan spiritual, literasi lingkungan
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, S. (2014). Sacred Science vs. Secular Science: Carut Marut Hubungan Agama dan Sains. Kalam. https://doi.org/10.24042/klm.v8i1. 169
Roth, Charles. 1992. Environmental Literacy : Its Root, Evolution, and Directions in 1990s. Eric Publication. ED348235.pdf
Sakti, Nawa Syarif. 2019. Urgensi Kecerdasan Spiritual Terhadap Agresivitas Mahasiswa. Psikoislamedia Jurnal Psikologi. Volume 4 Nomor 2.
Unesco. 1977. Intergovernmental Conference on Environmental Education, Tbilisi, USSR, 14-26 October 1977: final report; 1978 (gdrc.org)
Utama, F. (2018). ESQ Way 165: Alternatif Metode Pengembangan Kecerdasan Emosi dan Spiritual Anak. Journal of Early Childhood Care and Education. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.59
Zohar, Danah dan Marshall, Ian. 2007. SQ : Kecerdasan Spiritual. Penerbit Mizan
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v8i1.2506
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.