INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENYONGSONG ERA REVOLUSI INDUSTRY 4.0 BAGI CALON GURU DENGAN MODEL ADDIE BERBANTUAN EDMODO
Abstract
Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Dalam Menyongsong Era Revolusi Industry 4.0
Bagi Calon Guru Dengan Model Addie Berbantuan Edmodo. Tujuan penelitian ini adalah
terbentuknya calon guru yang terampil dalam menggunakan pembelajaran aktif berbasis
digital (video pembelajaran, pembelajaran berbasis aplikasi android dan pemanfatan media elearning
berbasis Edmodo). Tahapan metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model yang digunakan adalah
model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).
Rincian data yang diperoleh dari hasil pengujian antara lain: pengujian ahli materi diperoleh
skor 4,83 dengan kategori sangat baik, pengujian ahli media diperoleh skor 4,3 dengan
kategori sangat baik, dan pengujian user diperoleh skor 4,7 (Dosen) dengan kategori
sangat baik dan skor 4,03 (mahasiswa) dengan kategori baik, sehingga Media Pembelajaran
berbasis digital layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Digital, Media Pembelajaran Matematika Berbasis
Aplikasi Android
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alwan. M, 2018, Pengembangan
Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile
Learning Untuk Mata Pelajaran Geografi
SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak
Jauh. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal
NW Kembang Kerang,Vol.1 No.2, ISSN
-3433
Ardi.M, 2014, Pelaksanaan Pembelajaran
Micro Teaching Bagi Mahasiswa Program
Studi PPKN STKIP-PGRI Pontianak. Jurnal
Edukasi, Vol. 1, No. 1, Juni 2014, ISSN
-8702
Persada.R.A, 2017, Peningkatan Hasil
Belajar Matematika Melalui
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis
Website. Jurnal EduMa, Vol.6, No.1 Juli
ISSN 2086-3918.
Putra, Tastra, Dkk, 2014, Pengembangan
Media Video Pembelajaran dengan Model
ADDIE Pada Pembelajaran Bahasa Inggris
Di SDN 1 Selat. E-Jurnal Edutech
Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan
Teknologi Pendidikan, Vol.2 No.1, ISSN
-8290
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i2.2228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.