ANALISIS KUALITAS PELAYANANDAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT INDRYA HUSADA PTPN 3 MEMBANG MUDA
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah secara simultan dan parsial Kualitas Pelayanan dan Fasilitas berpengaruh terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Indrya Husada PTPN 3 Membang Muda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah populasi tidak terbatas dengan jumlah responden yang sesuai dengan kriteria pengambilan sampel sebanyak 57 responden, sedangkan alat uji yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda dengan bantuan SPSS 17. Hasil uji hipotesis menunjukkan hubungan antara dependen dengan variabel dependen adalah secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai signifikan ( 0,01 ) < ( 0,05 ) atau nilai thitung 2.661 > 2.005, variabel Fasilitas berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai signifikan 0,043 < 0,05 atau nilai thitung 3.331 > 2.005.
Secara simultan variabel kedua variabel dependen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan tingkat signifikan ( 0,000 < 0,05 ) atau nilai Fhitung > Ftabel ( 5,845 > 3,15 ).
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Kepuasan Pasien.
Full Text:
PDFReferences
Ginting, Paham dan SyarizalHelmi Situmorang. Filsafat Ilmu dan Metode Riset. Medan. USU Press. 2008
Irawan, Handi. Indonesian Customer Satisfaction. PT. Alex Media Computindo. Jakarta: 2003
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid I. PT. Index. Jakarta: 2007
Kuncoro, Mudrajat. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi Tiga. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2009
Lamb, Charles W., Hair, Joseph F, dan Mc Daniel. Pemasaran Buku I. Salemba Empat. Jakarta: 2001
Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta: 2001
Nasution, M.N. Manajemen Jasa Terpadu: Total Service Management. PT. Ghalia Indonesia. Bogor: 2004
Santoso, Sanggih. Mengelolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo. 2002
Setiadi, Nugroho. Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta: 2003
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta. Bandung. 2008
Suharyadi dan Purwanto. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. PT. Salemba Empat.Jakarta: 2004
Supramono dan Haryanto. Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran. Yogyakarta: 2003
Sumarwan. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Jakarta: 2003
Suryana. Kewirausahaan. Penernit Salemba Empat. Jakarta: 2001
Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa. Banyumedia Publishing. Malang: 2005
Ginting, Paham dan SyarizalHelmi Situmorang. Filsafat Ilmu dan Metode Riset. Medan. USU Press. 2008
Irawan, Handi. Indonesian Customer Satisfaction. PT. Alex Media Computindo. Jakarta: 2003
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua Belas Jilid I. PT. Index. Jakarta: 2007
Kuncoro, Mudrajat. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi Tiga. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2009
Lamb, Charles W., Hair, Joseph F, dan Mc Daniel. Pemasaran Buku I. Salemba Empat. Jakarta: 2001
Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta: 2001
Nasution, M.N. Manajemen Jasa Terpadu: Total Service Management. PT. Ghalia Indonesia. Bogor: 2004
Santoso, Sanggih. Mengelolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: Penerbit Elex Media Komputindo. 2002
Setiadi, Nugroho. Perilaku Konsumen. Kencana. Jakarta: 2003
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Penerbit Alfabeta. Bandung. 2008
Suharyadi dan Purwanto. Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. PT. Salemba Empat.Jakarta: 2004
Supramono dan Haryanto. Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran. Yogyakarta: 2003
Sumarwan. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Jakarta: 2003
Suryana. Kewirausahaan. Penernit Salemba Empat. Jakarta: 2001
Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa. Banyumedia Publishing. Malang: 2005
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v2i3.187
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.