PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KECAP INDOFOOD (STUDI KASUS PADA IBU – IBU RUMAH TANGGA DESA BUNUT SEBERANG KEC. PULO BANDRING)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen Kecap Indofood. Penelitian ini menggunakan 91 responden sebagai sampel penelitian dan teknik penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling.
Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui studi dokumentasi, wawancara dan kuesioner yang pengukurannya menggunakan skala semantik diferensial. Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Konsumen Kecap Indofood. Secara parsial, harga tidak berpengaruh signifikan, sedangkan citra merek berpengaruh signifikan. Citra merek merupakan faktor yang dominan mempengaruhi Loyalitas Konsumen Kecap Indofood. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,222, berarti 22,2% Loyalitas Konsumen dapat dijelaskan oleh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk, dan sisanya 77,8% dijelaskan oleh faktor-faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen.
Full Text:
PDFReferences
Angiopora, Marius P.. Dasar-Dasar Pemasaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta. 1999
Cooper, Donald R. dan Pamela S. Schindler. Metode Riset Bisnis, Volume 2, PT Media Global Edukasi, Jakarta. 2006
Dewi. Strategi Pemasaran , Penerbit Andi, Yogyakarta. 2011
Durianto, Darmadi, Sugiarto dan Tony Sitinjak. Strategi Menaklukkan PasarMelalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, PT SUN, Jakarta. 2004
Ferrinadewi, Erna. Merek dan Psikologi Konsumen, Graha Ilmu, Yogyakarta. 2008
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi 13, Penerbit Erlangga, Jakarta. 2009
Kuncoro, Mudrajad. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi Tiga, Penerbit Erlangga, Jakarta. 2009
Laksana, Fajar. Manajemen Pemasaran; Pendekatan Praktis, Graha Ilmu,Yogyakarta. 2008
Mowen, John C. dan Michael Minor. Perilaku Konsumen, Jilid I, Edisi Kelima, Penerbit Erlangga, Jakarta. 2001
Rangkuti, Freddy,. The Power of Brands Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek + Analisis Kasus dengan SPSS, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2002
Setiadi, Nugroho J.. Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta. 2010
Simamora, Bilson. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2001
Situmorang, Syafrizal Helmi. Bisnis Konsep dan Kasus, USU Press, Medan. 2011
Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lufti. Analisis Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis, USU Press, Medan. 2012
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis, CV Alfabeta, Bandung. 2006
Sumarni, Murti dan Salamah Wahyuni. Metodologi Penelitian Bisnis, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Supranto, J. dan Nandan Limakrisna. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran untuk Memenangkan Persaingan Bisnis, Mitra Wacana Media, Jakarta. 2007
Tjiptono, Fandy. Brand Management & Strategy, Penerbit Andi, Yogyakarta. 2005
Service Management, PT Prenada Media, Jakarta Timur. 2008
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. Total Quality Managemen, Edisi Revisi, Penerbit Andi, Yogyakarta. 2003
Taufik Manurung.”Pengaruh Harga, Kualitas, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Jurnal Manajemen.Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara 2012
Akbar.”Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Lolalitas konsumen”,. Jurnal Manajemen .Fakultas Ekonomi Gunadarma 2012
Fristiana, Dessy Amelia. “Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang”, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis ,Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro. 2012
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v2i3.186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.