STRATEGI PEMBELAJARAN GURU TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI AKADEMIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH
Abstract
Artikel ini ditulis untuk tujuan mengangkat novelti hasil penelitian penulis dengan judul strategi pembelajaran guru terhadap peningkatan prestasi akademik dan motivasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Purbatua Tapanuli Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019.rumusan hipotesis penelitian berbunyi ”Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pembelajaran guru terhadap peningkatan prestasi akademik dan motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 PurbatuaTahun Pembelajaran 20182019.” Metode penelitian adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dan inferensial. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII pada sekolah tersebut di atas dengan jumlah 120 orang. Sampel diambil secara acak (random sampling) sebesar 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang berjumlah 30 dan diujicobakan kepada 30 siswa kelas VIII ( selain dari sampel penelitian) SMP Negeri 1 Purbatua yang bukan responden penelitian. Dari tabel perhitungan diatas diperoleh Fhitung sebesar 28,00 dan jika dikonsultasikan terhadap Ftabel=(α=0,05,dk pembilang k=16, dk penyebut=n-2=30-2=28)=1,62 maka Fhitung > Ftabel yaitu 28,00 >1,62, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Strategi Pembelajaran Guru dengan Peningkatan Prestasi dan motivasi Siswa SMPN 1 Purbatua Kabupaten Tapanuli Utara tahun Pelajaran 2018-2019.
Kata Kunci : Strategi pembelajaran guru, Motivasi belajar, prestasi akademik
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. Prosedur Penelitian. Jakaarta: PT. Rineka Cipta, 2016
Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. Metodologi Penelitian. Yogyakarta; Pustaka Pelajar, 2014
Suryobroto,B. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2009
Dimyanti dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara
Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda
Karya
Sahaludin, Anas. 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Pustaka Setia
Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana. 2002. Metode Riset Statistik. Bandung: Tarsito
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&G. Bandung: Alfabeta.
Sumiati dan Asra. 2007. Metode pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Sutikno, Sobry. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospet.
DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i3.1390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.