PENGARUH PROMOSI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK MENABUNG PADA BANK SUMUT SYARIAH CABANG PEMBANTU KISARAN

Aris Siregar Dian Wahyuni Halimatussaddiah

Abstract


Industri perbankan merupakan industri yang syarat dengan risiko, terutama karena melibatkan pengelolaan uang masyarakat dan diputar dalam bentuk berbagai investasi, seperti pemberian kredit, pembelian surat-surat berharga dan penanaman dana lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, industri perbankan pun berkembang, ditandai dengan munculnya industri perbankan yang dijalankan dengan prinsip-prinsip syariah sesuai dengan ajaran Islam.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh promosi dan komunikasi terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Kisaran. Perumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh promosi dan komunikasi terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Kisaran. Hipotesis yang diajukan dalam menjawab perumusan masalah adalah faktor promosi dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Kisaran. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi linier berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, multikolonieritas dan heteroskedastisitas.Hasil penelitian menunjukan bahwa baik secara serempak maupun parsial faktor Promosi dan Komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan nasabah untuk menabung Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Kisaran dan secara parsial yang paling dominan terhadap Keputusan nasabah  untuk menabung adalah Promosi

References


Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian, Cetakan Ketigabelas, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Brannan, Tom, 2004, Integrated Marketing Communications Alih bahasa Slamet, Cetakan Pertama, Penerbit PPM, Jakarta.

Cangara, Hafied, 2005, Pengantar Ilmu Komunikasi, Cetakan Keenam, Penerbit Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Effendy, Onong Uchjana, 2005, Ilmu Komunikasi : Teori Dan Praktek, Cetakan Kesembilanbelas, Penerbit Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ghazali, Imam, 2002, Statistik Non-Parametrik, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Gitosudarmo, Indriyo, 2000, Manajemen Pemasaran, Cetakan Keenam, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Husein, Umar, 2005, Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, Cetakan Ketujuh, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotler, Philip, 2001, Manajemen Pemasaran di Indonesia Alih Bahasa AB Susanto, Buku Dua, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Kuncoro, Mudrajat, 2003, Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Lamb, Charles W., Hair, Joseph F, dan McDaniel, Carl, 2001, Pemasaran Alih bahasa David Octarevia, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v7i3.1374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.