UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA/I KRISTEN TARUTUNG KECAMATAN SIPOHOLON KOTA TAPUT

Uranus Zamili

Abstract


Kecerdasan spiritual adalah pengetahuan tentang mengenai diri sendiri, kesadaran diri, kepekaan sosial, empati dan kemampuan untuk berkomunikasi secara baik dengan orang lain. Meningkatkan kecerdasan spiritual sangatlah perlu bagi setiap siswa/i, karena dengan meningkatnya kecerdasan spiritual, maka siswa/i dapat mempunyai kepekaan dalam mengelola perasaan kemudian menjadi kerangka dalam berperilaku, bersosialisasi dengan masyarakat dan dapat mengambil keputusan yang tepat. Namun, untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa/i kristen Tarutung Kecamatan Sipoholon Kota Tapanuli Utara diperlukan upaya Guru Ilmu Pendidikan. Dampak dari upaya yang telah dilaksanakan oleh Guru ilmu Pendidikan dalam peningkatan kecerdasan spiritual adalah maha siswa/i lebih bisa mengontrol diri ataupun semangat/spiritual, saling menghargai, rasa berempati yang begitu tinggi, social, kelas lebih aktif, efektif, dan menyenangkan. Kesimpulannya adalah upaya yang digunakan guru ilmu Pendidikan dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa/i kristen Tarutung sangat baik.

 

Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual siswa


Full Text:

PDF

References


Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan (Umum dan Agama Islam), (Jakarta: Rajawali Pers, 2011), h. 4.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008), h. 10.

E. Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), h. 192.

Dini Kasdu, Anak Cerdas A-Z Panduan Mencetak Kecerdasan Buah Hati Sejak Merencakan Kehamilan Sampai Balita, (Jakata: Puspa Swara, 2004), h.7.

Sriwati Bukit dan Istarani, Kecerdasan dan Gaya Belajar, (Medan: LARISPA Indoneisa, 2015), h. 1.

Syamsu Yusuf LN, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004), h. 106.

Yudrik Jahja, Psikologi Perkembangan, (Jakarta: Kencana, 2013), h. 405-406.

Ary Ginanjar agustian, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual

ESQ (Emotional Spiritual Quotient) Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, (Jakarta: Arga Wijaya Persada, 2003), h. 57.

Dani Ronnie M, The Power of Emotional & Adversity Quotient For Teachers, (Jakarta Selatan: Hikmah, 2006), h. 96.

Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rajawali Pers, 2011), h. 236-238.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007), h. 28.

Danang Aziz Akbarona, Kecerdasan Orang-orang Hebat, (Jakarta Barat: HDA Publikasi, 2005), h. 38.




DOI: https://doi.org/10.36294/pionir.v5i4.1138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.