PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG (Studi Kasus: Pada Masyarakat Kelurahan Sentang Kisaran Timur)
Abstract
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus: Pada Masyarakat Kelurahan Sentang Kisaran Timur). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi seluruh masyarakat Kelurahan Sentang Kisaran Timur yang telah melakukan pembelian Smartphone Samsung yang tidak diketahui dengan pasti jumlahnya dan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan sampel menggunakan metode convenience sampling, dengan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil regresi menghasilkan persamaan Y
= 1,375 + 0,569X1 + 0,716X2 + 0,296X3dan uji hipotesis menggunakan uji F secara simultan, uji t secara parsial dan uji koefisien determinasi (R2).
Hasil dari penelitian ini Uji-F menghasilkan nilai Fhitung (58,100) > Ftabel (2,70), artinya secara serempak citra merek, kualitas produk dan promosi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji-t, secara parsial citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena thitung (7,591) > ttabel (1,985), kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena thitung (2,298) > ttabel (1,985) promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena thitung (2,820) > ttabel (1,985). Hasil uji koefisien determinasi menghasilkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,930, artinya citra merek, kualitas produk dan promosi mampu menjelaskan variabel terikat yaitu keputusan pembelian sebesar 93%, sedangkan sisanya 7% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi dan Keputusan Pembeli
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.36294/mes.v5i1.3919
DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/mes.v5i1.3919.g2755
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi:
Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan
Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia
Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com