PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH

BAMBANG PRAYOGO, ZULFA KHAIRINA BATUBARA

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Heri Distro Kisaran. Hasil penelitian analisis regresi linier berganda diperoleh Y = 1,426+ 0,345 X1 + 0,346 X2 + 0,224X3 + e, variabel kualitas pelayanan memiliki nilai paling renda yaitu 0,224. Hasil Uji simultan (uji-F) menunjukan bahwa Ha diterima dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai Fhitung > Ftabel (25,756> 2,70) dengan nilai signifikan 0.000 < 0,05. Secara parsial (uji-t) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung > ttabel (4,441 > 1,984) dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung  >  ttabel (4,350  < 1,984) dengan signifikan 0,000 < 0,05 dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai thitung > ttabel (2,922 > 1,984) dengan signifikan 0,004 < 0,05. Hasil uji determinasi Adjusted R Square atau R2 sebesar 0,429 atau 42,9%, sedangkan sisanya sebesar 59,1% dijelaskan oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.36294/mes.v2i2.1880

DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/mes.v2i2.1880.g1545

DOI (PDF): https://doi.org/10.36294/mes.v2i2.1880.g1545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi:

Gedung Fakultas Ekonomi, Universitas Asahan

Jl. Ahmad Yani No. 1, Kisaran , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara 21214, Indonesia

Email:jurnalsainsekonomi@gmail.com