Variasi Dimensi Pulley Mesin Penepung Bulu Ayam Berkapasitas 5 Kg

Harapan Setia Sitorus, Andri Ramadhan, Ali Hasimi Pane

Abstract


Dalam pengolahan bulu ayam menjadi tepung memerlukan  proses, untuk itu perlu digunakannya mesin penepung bulu ayam. Bagian utama mesin penepung bulu ayam salah satunya yaitu transmisi. Transmisi adalah  salah satu sistem pemindahan tenaga dari penggerak ke yang digerakan. Sistem pemindahan terdiri dari beberapa macam seperti sabuk dan pulley, rantai dan sprocket, dan roda gigi. Dalam pembahasan transmisi pada mesin penepung ini, digunakan sabuk dan pulley. Pada pulley yang akan digunakan ada variasi diameter pulley yang mana pulley yang lebih besar terpasang pada poros mesin penepung bulu ayam dan pulley yang berdiameter lebih kecil terpasang di poros motor listrik. Pada proses pengolahan bulu ayam menjadi tepung ada proses penepungan menggunakan mesin yang memakan waktu, untuk itu perlu adanya penelitian untuk waktu yang efisien pada proses pengolhan bulu ayam menjadi tepung. Pada penelitian ini bertujuan untuk melihat unjuk kerja mesin, terutama pada system transmisi dan mekanisme gerak pulley dan bahan yang digunakan. Kerangka mesin yang sudah dirancang, dianalisa cara kerja mesinnya dengan mencari keceptan putaran pulley, menentukan panjang keliling sabuk, dan kecepatan titik serta pengaruh diameter pulley menggunakan rumus perhitungan masing-masing. Hasil penelitian menyimpulkan setiap gerakan pulley berpengaruh pada ukuran dimensi pulley dengan kecepatan putarannya.


Full Text:

PDF

References


Adiati U, Puastuti W, Mathius IW. 2004. Peluang Pemanfaatan Tepung Bulu Ayam Sebagai Bahan Pakan Ternak Ruminansia. Wartazoa 14 (1): 39-44.

Boentarto, Drs, 1999. ”Teknik Sepeda Motor”, CV. Aneka, Solo.

Budiyanto, A.K. (2004). Mikrobiologi Terapan. Universitas Muhammadiyah. Malang.

Drs. I Nyoman Bagia M.Si Dan Dr. I Made Parsa M.Pd, 2017. Motor Motor Listrik. UNIVERSITAS NUSA CANDA. CV. RASI TERBIT

Eko Sulistyo , Eko Yudo. 2015.RANCANG BANGUN MESIN PENGGILING DAGING AYAM. Teknik Elektro, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung. Sungaili.

F. Suryatmo. 1986. Teknik Listrik Arus Searah. Bina Aksara. Jakarta.

Haekal Deffa Aqibara, 2016. Perancangan Dan Pembuatan Mekanisme Pencacah Bulu Ayam Bahan Komposit Serat Bulu Ayam. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

HAN, Y. and C.M. PARSONS. 1991. Protein and amino acid quality of feather meals. Poult. Sci. 70: 812 – 822.

Https://Www.Ilmuternak.Com/2015/05/Tepung-Bulu-Ayam-Untuk-Pakan-Ternak.Html

Ketaren N. 2008. Pemanfaatan Limbah Bulu Ayam Sebagai Sumber Protein Ayam Pedaging Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. [Tesis]. Universitas Sumatera Utara, Medan

Mochtar Wijaya. 2001. Dasar-Dasar Mesin Listrik. Jakarta. Djambatan.

Partu, 2010. Rancang Bangun Mesin Penggiling Daging, Laporan Akhir Tugas Akhir, Politeknik Manufaktur Timah.

R.S. Khurmi & J.K. Gupta,Machine Design (S.I. UNITS) 2005 : Eurasia Piblishing House (Pvt.) Ltd.

Suga, Kiyokatsu, Sularso, (1997). “Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin”. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.

Sularso,Msme &Kiyokatsu Suga, Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin P.T. PRADNYA PARAMITA JAKARTA: 1979. Hlm.163

Sumanto. 1994. Mesin Arus Searah. Yogjakarta. Andi Offset.

Syahputra D.P., 2019. Analisa Pengaruh Putaran Pulley Terhadap Unjuk Kerja Mesin Pencacah Limbah Botol Dan Softdrink Kapasitas 10 Kg/Jam. Skripsi, Fakultas Teknik Mesin, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.