Implementasi Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Geografis Sekolah Di Kabupaten Aceh Barat

cut mutia, Hajjul Ikram, Hayatun Maghfirah

Abstract


Pendidikan merupakan aspek penting dalam perkembangan dan perubahan sosial di masyarakat yaitu untuk mempersiapkan masyarakat menghadapi dan memecahkan permasalahan yang terjadi akibat perubahan sosial. Oleh karena itu, pentingnya informasi sebaran sekolah dan aksesibilitassnya bagi warga. Penelitian bertujuan membangun sistem informasi geografis (SIG) yang digunakan untuk pemetaan sekolah di Kabupaten Aceh Barat. Metode penelitian ini mencakup pengumpulan data jenjang, sekolah, siswa, data kecamatan, dan desa. Data sekolah mencakup daya tampung, akreditasi dan lokasi sekolah. Data tersebut dianalisis dan dimodelkan dengan usecase dan Data Flow Diagram SIG Sekolah Kabupaten Aceh Barat sehingga menghasilkan pemetaan sekolah yang akurat. Pengembangan Sistem ini dilakukan dengan menggunakan metode Waterfall. Hasil penelitian menunjukkan distribusi sekolah yang ada di Kabupaten Aceh Barat, yang dapat digunakan oleh warga untuk memilih sekolah yang tepat yang aksebilitasnya terjangkau dengan mudah serta memiliki fasilitas dan akreditasi yang baik. Informasi yang diberikan sistem, yaitu peta lokasi sekolah, jarak sekolah, informasi sekolah, dan informasi siswa. Penelitian ini dapat membantu warga dalam pengambilan keputusan pemilihan sekolah di wilayah Kabupaten Aceh Barat yang aksesibilitasnya mudah untuk mereka. Selain itu, penelitian ini juga memberikan gambaran kondisi sarana disetiap sekolah sehingga dapat membantu Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Barat dalam pengelolaan sarana dan prasarana sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan

Keywords


Sistem Informasi Geografis; Sekolah; Peta; Waterfall

Full Text:

PDF

References


Y. Rahmanto, S. Hotijah dan Damayanti, “Perancangan Sistem Informasi Geografis Kebudayaan Lampung Berbasis Mobile,” Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi., vol. 1, no. 3, p. 19-25, 2020.

D. Darwis, A. F. Octaviansyah, H. Sulistiani dan Y. R. Putra, “Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pencarian Puskesmas di Kabupaten Lampung Timur,” Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi., vol. 15, no. 1, pp. 159-170, 2020.

I. Rozak, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Hama Tanaman Padi,”Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) vol. 2, No.3 pp.375 - 381, 2021.

A. Ikhsan, M. Najib dan F. Ulum, “Sistem Informasi Geografis Toko Distro Berdasarkan Rating Kota Bandar Lampung Berbasis Web ,” vol. 1, no.2 pp.71-79, 2020.

A. F. O. Pasaribu, D. Darwis, A. Irawan dan A. Surahman, “Sistem Informasi Geografis Untuk Pencarian Lokasi Bengkel Mobil di Wilayah Kota Bandar Lampung,”Jurnal Teknokompak, vol. 13, no. 2, 2019.

Hutrianto dan F. Syakti, “Sistem Informasi Geografis Penderita MAlaria pada Kelurahan Cereme Taba Kota Lubuklinggau,” Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, vol. 10, no. 2, pp. 178-188, 2019.

W.w. Widiyanto, “Analisa Metodelogi Pengembangan Sistem dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Metode Waterfall Development Model, Model Prototype, dan Model Rapid Applications Development (RAD),” Jurnal Informa Politeknik Indonusa Surakarta, vol. 4, no.4, 2018.

R. H. Saputra dan N. R. D. P. Astuti, “Implementasi Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Geografis Tata Ruang,” Journal of Information System Research, vol. 4, no.4, 2023.




DOI: https://doi.org/10.36294/jurti.v8i1.4321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 (JurTI) Jurnal Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) terindex :

 

JurrTI (Jurnal Teknologi Informasi)

Program Studi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Asahan.

Jl. Jend. Ahmad Yani, Kisaran – 21224  – Sumatera Utara

Telp/WA : 082370952109 - 081268777854

E-Mail : jurtischolar@gmail.com

JurTI (Jurnal Teknologi Informasi) s licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License